Show simple item record

dc.contributor.authorCAHYANI, Delphia Setya
dc.date.accessioned2025-07-22T04:15:06Z
dc.date.available2025-07-22T04:15:06Z
dc.date.issued2023-07-24
dc.identifier.nim190210101114en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127522
dc.descriptionValidasi_firli_17_Juli_25 :::Finalisasi unggah file repositori tanggal 22 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana kegiatan pembelajaran agar siswa aktif. Kegiatan pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama, dari seluruh aktivitas yang ada di sekolah. Dimana dari kegiatan pembelajaran ini siswa memperoleh ilmu dan pengetahuan yang diberikan oleh guru. Permasalahan yang biasanya dihadapai dalam proses pembelajaran kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan, sehingga hasil belajar yang didapatkan siswa masih ada yang rendah. Penggunaan model pembelajaran perlu dipahami, agar kegiatan pembelajaran dapat efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu mata pelajaran yang akan dibahas yaitu matematika. Materi yang terdapat pada mata pelajaran matematika yaitu statistika. Berdasarkan hasil penelitian Febrianti & Chotimah (2020), diperoleh bahwa siswa kesulitan dalam memahami mata pelajaran matematika materi statistika. Siswa kurang teliti terhadap soal yang diberikan karena mereka cenderung menyelesaikan soal terlebih dahulu dari pada memahami. Dalam kegiatan pembelajaran statistika, siswa perlu dibiasakan dan dilibatkan agar paham dalam mengolah dan menginterprestasikan data. Dari permasalahan yang dibahas, maka dilakukan upaya untuk mengetahui perbandingan apabila siswa diajarkan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) untuk mengetahui model pembelajaran mana yang memberikan pemahaman dan hasil belajar siswa lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan dari model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Berbantuan Canva pada Materi Statistika SMP. Subjek pada penelitian yaitu dua kelas, dengan masing-masing kelas diberi perlakuan model pembelajaran PjBL dan PBL. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu RPP, LKPD dan tes evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kelas PjBL pada nilai post-test didapatkan rata-rata sebesar 82,00 dengan siswa masuk pada kategori ketuntasan sebesar 84% atau sebanyak 21 siswa dan pada kelas PBL diperoleh rata-rata 73,80 dengan siswa masuk pada kategori ketuntasan sebesar 68% atau sebanyak 17 siswa. Pada masing-masing model pembelajaran dilakukan uji N-Gain untuk mengukur tingkat keefektifan. Dihasilkan model pembelajaran PjBL masuk ke dalam kategori tinggi, sedangkan PBL masuk ke dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara model pembelajaran PjBL dan PBL, dapat dilihat dari hasil uji hipotesis didapatkan nilai sig. sebesar 0,048 < 0,05 maka, model pembelajaran PjBL lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata yang didapatkan sebesar 82,00.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePerbandingan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Statistika SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Arika Indah Kristiana, S.Si., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Lioni Anka Monalisa, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_17_Juli_25en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record