• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-LKPD Menggunakan Liveworksheets pada Materi Teorema Pythagoras untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

    Thumbnail
    View/Open
    DINDA PUTRI KAPINDO_180210101157 (4.443Mb)
    Date
    2023-07-10
    Author
    KAPINDO, Dinda Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan era globalisasi saat ini menjadikan generasi-generasi yang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi, sehingga sangat tepat untuk menyediakan suatu perangkat pembalajaran yang sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat dapat mengubah perilaku, gaya hidup, dan cara berfikir manusia. hal tersebut menjadikan guru sebagai pendidik harus mampu menciptakan pembelajaran yang menarik agar peserta didik dapat fokus dalam proses pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika. Tidak banyak peserta didik beranggapan bahwa pelajaran pembelajaran matematika merupakan salah satu pembelajaran yang sulit untuk dipahami sehingga menjadikan peserta didik kurang minat dalam proses pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika tidak lepas dari bagaimana peserta didik mampu untuk memecahkan sebuah masalah matematika. Kurangnya minat dalam pembelajaran matematika salah satu sebabnya adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Keterampilan pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa ada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang masih rendah, sehingga diperlukannya penggunaan perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Oleh karena itu dilakukan penelitian pengembangan salah satu perangkat pembelajaran elektronik ini yang diharap dapat membantu proses pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan E-LKPD menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Model pengembangan ini terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, angket respon peserta didik, lembar validasi, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Metode pengumpulan data meliputi metode tes dan metode angket. Data pada penelitian ini dianalisis dengan analisis validasi untuk mengukur kevalidan E-LKPD serta instrument penelitian, analisis lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan E-LKPD dan analisis keefektifan diukur dengan tes kemampuan pemecahan masalah dan angket respon pesera didik. Hasil analisis validasi E-LKPD diperoleh hasil tinggi dengan perolehan nilai sebesar 4,85 yang termasuk ketegori valid; soal tes kemampuan pemecahan masalah dengan perolehan nilai sebesar 4,9 yang termasuk kategori valid; angket respon peserta didik dengan perolehan sebesar 4,97 termasuk kategori valid. Kepraktisan E-LKPD diperoleh dari data analisis keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh rata-rata presentase sebesar 95% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi sehingga dinyatakan praktis. Keefektifan E-LKPD diperoleh dari hasil tes dengan perolehan nilai sebesar 0,78 termasuk kategori tinggi dan nilai angket respon peserta didik sebesar 97% yang termasuk dalam kriteria sangat baik sehingga E-LKPD dinyatakan efektif. E-LKPD yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dinyatakan memiliki kualitas baik dan dapat disebarluaskan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127514
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15520]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository