Show simple item record

dc.contributor.authorKAPINDO, Dinda Putri
dc.date.accessioned2025-07-22T03:55:39Z
dc.date.available2025-07-22T03:55:39Z
dc.date.issued2023-07-10
dc.identifier.nim180210101157en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127514
dc.descriptionValidasi_firli_17_Juli_25 :::Finalisasi unggah file repositori tanggal 22 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerkembangan era globalisasi saat ini menjadikan generasi-generasi yang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi, sehingga sangat tepat untuk menyediakan suatu perangkat pembalajaran yang sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat dapat mengubah perilaku, gaya hidup, dan cara berfikir manusia. hal tersebut menjadikan guru sebagai pendidik harus mampu menciptakan pembelajaran yang menarik agar peserta didik dapat fokus dalam proses pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika. Tidak banyak peserta didik beranggapan bahwa pelajaran pembelajaran matematika merupakan salah satu pembelajaran yang sulit untuk dipahami sehingga menjadikan peserta didik kurang minat dalam proses pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika tidak lepas dari bagaimana peserta didik mampu untuk memecahkan sebuah masalah matematika. Kurangnya minat dalam pembelajaran matematika salah satu sebabnya adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Keterampilan pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa ada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang masih rendah, sehingga diperlukannya penggunaan perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Oleh karena itu dilakukan penelitian pengembangan salah satu perangkat pembelajaran elektronik ini yang diharap dapat membantu proses pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan E-LKPD menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Model pengembangan ini terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, angket respon peserta didik, lembar validasi, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Metode pengumpulan data meliputi metode tes dan metode angket. Data pada penelitian ini dianalisis dengan analisis validasi untuk mengukur kevalidan E-LKPD serta instrument penelitian, analisis lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan E-LKPD dan analisis keefektifan diukur dengan tes kemampuan pemecahan masalah dan angket respon pesera didik. Hasil analisis validasi E-LKPD diperoleh hasil tinggi dengan perolehan nilai sebesar 4,85 yang termasuk ketegori valid; soal tes kemampuan pemecahan masalah dengan perolehan nilai sebesar 4,9 yang termasuk kategori valid; angket respon peserta didik dengan perolehan sebesar 4,97 termasuk kategori valid. Kepraktisan E-LKPD diperoleh dari data analisis keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh rata-rata presentase sebesar 95% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi sehingga dinyatakan praktis. Keefektifan E-LKPD diperoleh dari hasil tes dengan perolehan nilai sebesar 0,78 termasuk kategori tinggi dan nilai angket respon peserta didik sebesar 97% yang termasuk dalam kriteria sangat baik sehingga E-LKPD dinyatakan efektif. E-LKPD yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dinyatakan memiliki kualitas baik dan dapat disebarluaskan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectE-LKPDen_US
dc.subjectLiveworksheetsen_US
dc.subjectTeorema Pythagorasen_US
dc.subjectModul Pembelajaranen_US
dc.titlePengembangan E-LKPD Menggunakan Liveworksheets pada Materi Teorema Pythagoras untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematisen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Toto' Bara Setiawan, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Reza Ambarwati, S.Pd., M.Pd., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_17_Juli_25en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record