• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perancangan Business Model Canvas (BMC) pada Produk Rengginang di Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo (Studi Kasus : Agroindustri "Syarifah")

    Thumbnail
    View/Open
    REPOSITORY UNEJ NURUL ARIFA.pdf (1.413Mb)
    Date
    2023-07-28
    Author
    ARIFA, Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rengginang merupakan makanan tradisional sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari bahan baku utama nasi ketan yang dikeringkan secara manual dengan cara dijemur dibawah sinar matahari. Agroindsutri “Syarifah” merupakan salah satu produsen makanan rengginang yang didirikan sekitar tahun 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis dan alternatif strategi pengembangan yang tepat untuk diterapkan oleh agroindustri “Syarifah”. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif analitik. Metode pengambilan contoh menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan menggunakan metode deskriptif, analasis IFE (Internal Factors Evaluation), EFE (External Factors Evaluation), IE (Internal-External) Matriks, SWOT Matrix, dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) Bisnis Model Canvas yang dijalankan Agroindustri Rengginang “Syarifah” memiliki sembilan elemen yakni sebagai berikut Customer segments yang terdiri dari segmen pelanggan dalam kota dan luar kota Situbondo; Value proposition yakni produk menggunakan bahan baku pilihan, kemasan terdapat No. PIRT 2.15.3512.01.0307.20, varian rasa beragam dan tanpa bahan pengawet; Channels terdiri dari direct selling dan reseller; Customer relationship yakni langsung dillayani oleh pemilik dan layanan delivery; Revenue stream yakni penjualan pada produk rengginang; Key resources terdiri dari bahan baku, peralatan dan tenaga kerja; Key activities terdiri dari produksi rengginang dan pemasaran; Key partnership yakni supplier bahan baku dan reseller; Cost structure terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel; (2) berdasarkan hasil analisis QSPM dapat diketahui bahwa alternatif strategi yang diprioritaskan untuk diimplementasikan pada agroindustri “Syarifah” yakni mempertahankan kualitas produk rengginang dengan nilai TAS sebesar 6,71.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127465
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4455]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository