Show simple item record

dc.contributor.authorSETYAWAN, Marsa Aurelia Putri
dc.date.accessioned2025-07-17T07:31:21Z
dc.date.available2025-07-17T07:31:21Z
dc.date.issued2023-07-14
dc.identifier.nim191510601005en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127443
dc.descriptionValidasi_firli_11_Juli_25en_US
dc.description.abstractHilirisasi suatu komoditas akan mengarah pada agroindustri atau industri yang mampu menghasilkan berbagai produk yang akan dikonsumsi oleh masyarakat Komoditas kopi menjadi salah satu sorotan masyarakat yang memiliki nilai cukup menjanjikan, seperti perusahaan besar dan usaha kecil menengah yang bersamaan menghasilkan produk kopi. Keberadaan kopi Nasional ditunjukkan dengan maraknya bisnis dalam bentuk hilirisasi industri kopi. Adanya persaingan antar industri kopi terlebih mengarah pada industri modern dengan pasar kedai kopi, menjadikan pelaku usaha harus menempatkan produknya agar mampu bersaing dengan pebisnis lain, dan mampu menarik daya konsumen. Didukung dengan konsumsi kopi di coffee shop yang dilakukan bukan karena tuntutan selera namun dilakukan dalam berbagai kegiatan yaitu tempat belajar, bertemu client, proses pergaulan sosial, dan kegiatan lain. Kedai kopi yang sedang berkembang dan bermunculan saat ini banyak menawarkan produk minuman kopi yang mengalami transisi penyajian melalui cita rasa yang telah dikombinasikan dengan perasa lain seperti susu, aren, rum, dan bahan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara strategi positioning berdasarkan atribut produk, manfaat produk, pemakai, pesaing, kategori produk, dan harga dengan keputusan pembelian konsumen pada Kedai Kopi Cracking Chambers. (2) strategi positioning produk minuman kopi yang diterapkan pada Kedai Kopi Cracking Chambers. Metode penelitian yang menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif, dan jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis rank spearman yang dibantu oleh aplikasi SPSS dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel pada strategi positioning yang mencakup atribut produk, manfaat produk, pemakai, kategori produk, dan harga memiliki tingkat hubungan sedang, positif dan berkorelasi signifikan. Namun, pada variabel pesaing tingkat hubungan yang diperoleh yaitu rendah tetapi nilai tersebut positif dan berkorelasi signifikan. (2) strategi pengembangan produk minuman kopi di usaha Kedai Kopi Cracking Chambers berada pada kuadran I yaitu strategi agresif yang menunjukkan bahwa usaha berada pada kondisi yang menguntungkan dimana usaha tersebut memiliki kekuatan dan peluang. Diperoleh 4 strategi alternatif yang mampu digunakan dalam mengembangkan produk minuman kopi, dimana berasal dari kombinasi antar faktor internal dan eksternal usaha yang meliputi SO, WO, ST, dan WT serta sebagai bentuk evaluasi dari strategi yang digunakan sebelumnya.en_US
dc.publisherFakultas Pertanianen_US
dc.subjectKopien_US
dc.subjectPerilaku Konsumenen_US
dc.subjectManajemen Strategien_US
dc.subjectPositioningen_US
dc.titleHubungan Strategi Positioning dengan Keputusan Pembelian Konsumen Kedai Kopi Cracking Chambers di Sidoarjoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiAgribisnisen_US
dc.identifier.pembimbing1Titin Agustina, S.P., M.P.en_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_11_Juli_25en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_07_tanggal 17en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record