• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Viral Marketing dan Influencers Melalui Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Makanan Ringan di Platform TikTok

    Thumbnail
    View/Open
    Tiara Febru Zahrah_211510601103 (1.557Mb)
    Date
    2025-01-21
    Author
    ZAHRAH, Tiara Febru
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Digitalisasi yang terjadi secara global dapat dilihat dari keberadaan platform social media yang ada saat ini dengan fungsi yang beragam salah satunya sebagai social commerce. TikTok menempati urutan pertama sebagai platform social commerce di Indonesia. Berbagai jenis produk dapat dengan mudah ditemukan di platform TikTok salah satunya makanan ringan. Strategi yang banyak digunakan untuk meningkatkan keperayaan konsumen dan minat beli ialah dengan viral marketing dan influencers. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing dan influencers terhadap minat beli sebagai kepercayaan konsumen sebagai mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna berusia di atas 18 tahun yang tertarik pada produk makanan ringan viral bermerek karena unggahan influencers di TikTok. Sample terdiri dari 247 responden yang didapat dari purposive melalui pendekatan deskriptif kuantitatif serta analisis Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa dinamika penjualan produk makanan ringan bermerek yang viral jika melakukan kerja sama dengan influencers memiliki omset yang sangat besar. Selain itu, melalui komentar unggahan influencer didapatkan bahwa kata ̳Enak‘, ̳dan ̳Asin‘ merujuk pada rasa, ̳Mahal‘ menunjukkan harga produk, Makaroni‘, ̳Nyemil‘ dan ̳Bittersweet‘ merujuk pada merek. Kata lainnya seperti ̳Ngiler‘, ̳Beli‘ dan ̳Pengen‘ mengindikasikan bahwa melalui unggahan yang dilakukan dapat menimbulkan minat beli konsumen pada produk makanan ringan bermerek. Analisis SEM-PLS menunjukkan bahwa variabel viral marketing, influencers, kepercayaan konsumen, dan minat beli secara langsung dan tidak langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap produk makanan ringan bermerek di platform TikTok.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127429
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4447]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository