• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Audio-Visual Berbantuan Software MOHO Kearifan Lokal Jember untuk Mewujudkan Sikap Berkebhinekaan Global Dalam Tema 8 Kelas V SDN Sabrang 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_Hafizd Dzul Ikrom_190210204189.pdf (6.870Mb)
    Date
    2023-07-14
    Author
    IKROM, Hafizd Dzul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbantuan Software Moho Kearifan Lokal Jember untuk Mewujudkan Sikap Berkebhinekaan Global Kelas V Tema 8 SDN Sabrang 02; Hafizd Dzul Ikrom; 39 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan perubahan dalam bidang pendidikan. Teknologi yang semakin maju ini telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan keluarnya istilah internet of things atau dapat diartikan bahwa segala sesuatu telah berubah menjadi basis digital. Perubahan tersebut dapat berdampak positif dan negatif selama dapat digunakan dengan bijak. Contohnya, kemajuan ini dapat diambil manfaat dalam dunia pendidikan sebagai sarana untuk mempermudah proses pembelajaran dalam kelas sebagai alternatif meningkatkan pemahaman siswa dalam berkebhinekaan dan juga menarik perhatian siswa dalam belajar, guna melestarikan nilai-nilai luhur dan penanaman karakter pada diri siswa. kurangnya pemahaman mengenai pendidikan multikultural bagi generasi muda kita, khususnya anak usia sekolah (Rohman, 2018). Oleh karena itu, dilakukanlah pengembangan media pembelajaran audio visual berbantuan software moho untuk materi keragaman sosial. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah proses pengembangan dan kevalidan, keefektifitasan, serta kepraktisan hasil pengembangan media pembelajaran audio visual berbantuan software moho kearifan lokal Jember untuk mewujudkan sikap berkebhinekaan global pada tema 8 kelas V SDN Sabrang 02? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan dan kevalidan, keefektifitasan, serta kepraktisan hasil pengembangan media pembelajaran audio visual berbantuan software moho untuk untuk mewujudkan sikap berkebhinekaan global pada tema 8 kelas V SDN Sabrang 02. Model penelitian yang digunakan adalah Borg and Gall yang memiliki 10 langkah dalam prosesnya, namun yang nantinya digunakan hanya 8 langkah yaitu: (1) Penelitian pendahuluan yang dilakukan dengan 3 cara yaitu 3P (paper, place, dan person), (2) Perencanaan pengembangan produk yang nantinya dituangkan pada proposal penelitian pengembangan, (3) Pengembangan desain produk awal, (4) Validasi desain produk yang akan divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi, (5) Revisi desain produk dilakukan setelah memvalidasi disain, (6) Uji coba penggunaan dilakukan guna mengetahui kelayakan media sebelum di gunakan, (7) Revisi desain produk. dan (8) Uji coba keefektifan dilakukan untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Instrumen data yang digunakan, yaitu lembar validasi, lembar observasi, pedoman wawancara, lembar angket uji coba, dan lembar tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran audio visual yang sudah tervalidasi oleh dua validator, yaitu 1 dosen PGSD FKIP Universitas Jember dan 1 guru kelas V SDN Sabrang 02. Hasil analisis data validasi diperoleh nilai 77,5 kategori layak digunakan. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa melalui ER yakni 66% dan persentase respon siswa yakni 69,71 %. Berdasarkan data tersebut, maka media pembelajaran audio visual pada penelitian ini dikategorikan praktis. Sedangkan, untuk uji keefektifan menggunakan rumus uji one grub pretest-posttes dengan nilai sebesar 0,59 dan tergolong kategori sedang atau efektif. Saran dari hasil penelitian ini bagi siswa, yaitu mengingat hasil dari penggunaan media pembelajaran audio visual berbantuan software moho dapat menciptakan pembelajaran yang cukup efektif, maka harapannya media ini dapat digunakan oleh siswa secara lebih luas tidak hanya pada siswa di sekolah tempat penelitian saja. Bagi guru, diharapkan media pembelajaran audio visual berbantuan software moho ini bisa menjadi contoh dan memberikan inovasi sehingga dapat lebih kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan memberikan pemahanan terhadap siswa. Bagi peneliti lain, perlunya dilakukan pengembangan lebih lanjut terhadap media pembelajaran menggunakan audio visual berbantuan software moho ini dengan materi yang berbeda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dsi SD.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127360
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15745]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository