Show simple item record

dc.contributor.authorIKROM, Hafizd Dzul
dc.date.accessioned2025-07-15T07:27:33Z
dc.date.available2025-07-15T07:27:33Z
dc.date.issued2023-07-14
dc.identifier.nim190210204189en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127360
dc.descriptionValidasi_firli_9_Juli_25en_US
dc.description.abstractPengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbantuan Software Moho Kearifan Lokal Jember untuk Mewujudkan Sikap Berkebhinekaan Global Kelas V Tema 8 SDN Sabrang 02; Hafizd Dzul Ikrom; 39 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan perubahan dalam bidang pendidikan. Teknologi yang semakin maju ini telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan keluarnya istilah internet of things atau dapat diartikan bahwa segala sesuatu telah berubah menjadi basis digital. Perubahan tersebut dapat berdampak positif dan negatif selama dapat digunakan dengan bijak. Contohnya, kemajuan ini dapat diambil manfaat dalam dunia pendidikan sebagai sarana untuk mempermudah proses pembelajaran dalam kelas sebagai alternatif meningkatkan pemahaman siswa dalam berkebhinekaan dan juga menarik perhatian siswa dalam belajar, guna melestarikan nilai-nilai luhur dan penanaman karakter pada diri siswa. kurangnya pemahaman mengenai pendidikan multikultural bagi generasi muda kita, khususnya anak usia sekolah (Rohman, 2018). Oleh karena itu, dilakukanlah pengembangan media pembelajaran audio visual berbantuan software moho untuk materi keragaman sosial. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah proses pengembangan dan kevalidan, keefektifitasan, serta kepraktisan hasil pengembangan media pembelajaran audio visual berbantuan software moho kearifan lokal Jember untuk mewujudkan sikap berkebhinekaan global pada tema 8 kelas V SDN Sabrang 02? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan dan kevalidan, keefektifitasan, serta kepraktisan hasil pengembangan media pembelajaran audio visual berbantuan software moho untuk untuk mewujudkan sikap berkebhinekaan global pada tema 8 kelas V SDN Sabrang 02. Model penelitian yang digunakan adalah Borg and Gall yang memiliki 10 langkah dalam prosesnya, namun yang nantinya digunakan hanya 8 langkah yaitu: (1) Penelitian pendahuluan yang dilakukan dengan 3 cara yaitu 3P (paper, place, dan person), (2) Perencanaan pengembangan produk yang nantinya dituangkan pada proposal penelitian pengembangan, (3) Pengembangan desain produk awal, (4) Validasi desain produk yang akan divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi, (5) Revisi desain produk dilakukan setelah memvalidasi disain, (6) Uji coba penggunaan dilakukan guna mengetahui kelayakan media sebelum di gunakan, (7) Revisi desain produk. dan (8) Uji coba keefektifan dilakukan untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Instrumen data yang digunakan, yaitu lembar validasi, lembar observasi, pedoman wawancara, lembar angket uji coba, dan lembar tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran audio visual yang sudah tervalidasi oleh dua validator, yaitu 1 dosen PGSD FKIP Universitas Jember dan 1 guru kelas V SDN Sabrang 02. Hasil analisis data validasi diperoleh nilai 77,5 kategori layak digunakan. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa melalui ER yakni 66% dan persentase respon siswa yakni 69,71 %. Berdasarkan data tersebut, maka media pembelajaran audio visual pada penelitian ini dikategorikan praktis. Sedangkan, untuk uji keefektifan menggunakan rumus uji one grub pretest-posttes dengan nilai sebesar 0,59 dan tergolong kategori sedang atau efektif. Saran dari hasil penelitian ini bagi siswa, yaitu mengingat hasil dari penggunaan media pembelajaran audio visual berbantuan software moho dapat menciptakan pembelajaran yang cukup efektif, maka harapannya media ini dapat digunakan oleh siswa secara lebih luas tidak hanya pada siswa di sekolah tempat penelitian saja. Bagi guru, diharapkan media pembelajaran audio visual berbantuan software moho ini bisa menjadi contoh dan memberikan inovasi sehingga dapat lebih kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan memberikan pemahanan terhadap siswa. Bagi peneliti lain, perlunya dilakukan pengembangan lebih lanjut terhadap media pembelajaran menggunakan audio visual berbantuan software moho ini dengan materi yang berbeda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dsi SD.en_US
dc.description.sponsorship1. Zetti Finali, S.Pd., M.Pd 2. Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectSoftware MOHOen_US
dc.subjectMedia Audio Visualen_US
dc.subjectKearifan Lokalen_US
dc.titlePengembangan Media Audio-Visual Berbantuan Software MOHO Kearifan Lokal Jember untuk Mewujudkan Sikap Berkebhinekaan Global Dalam Tema 8 Kelas V SDN Sabrang 02 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_9_Juli_25en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_07_tanggal 15en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record