Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Lokasi Pembelian Daging Ayam Broiler di Wilayah Perkotaan Kabupaten Jember
Abstract
Sumber protein hewani berupa daging yang banyak ditemui dan mudah dijangkau oleh masyarakat adalah daging unggas, utamanya daging ayam broiler. Penjualan daging ayam broiler di Kabupaten Jember tersebar diberbagai tempat, utamanya di wilayah perkotaan yang terdapat dua jenis pasar, yaitu pasar tradisional dan pasar modern. Pada pasar tradisional pembelian masih dilakukan tawar-menawar, pemotongan dilakukan tanpa memperhatikan standar kebersihan yang sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) sehingga kualitas daging ayam broiler berbeda-beda, dan uang langsung dibayarkan kepada penjual. Pada pasar modern (swalayan/supermarket) penentuan harga yang tetap sesuai dengan berat daging, packaging bagus, dan kualitas daging yang sesuai SOP pemotongan hewan. Perbedaan yang dimiliki diperlukan adanya penelitian terkait proses pengambilan keputusan pembelian dan faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian daging ayam broiler di wilayah Perkotaan Kabupaten Jember.
Lokasi penelitian ditentukan secara purposive methods, yaitu di wilayah perkotaan Kabupaten Jember yang lebih tepatnya berlokasi di Pasar Tanjung dan Hypermart Lippo Mall Jember. Metode peneilitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan analitik. Penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah keseluruhan 60 responden yang akan diambil dari kedua pasar sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Data yang didapatkan akan dianalisis dengan analisis deskriptif untuk membahas terkait proses pengambilan keputusan pembelian daging ayam broiler di wilayah perkotaan Kabupaten Jember dan alat analisis regresi logistik untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian daging ayam broiler di wilayah perkotaan Kabupaten Jember.
Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Proses keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen dalam membeli daging ayam broiler di wilayah perkotaan Kabupaten Jember, yaitu (a) Identifkasi kebutuhan: Pada pasar Tanjung alasan yang paling berpengaruh adalah mudah diapat dan harga terjangkau, sedangkan di Hypermart Lippo Mall Jember kebersihan dan kenyaman lebih dominan; (b) Pencarian informasi: Sumber informasi di Pasar Tanjung didominasi oleh penjual, sedangkan Hypermart Lippo Mall Jember paling dominan berasal dari teman; (c) Evaluasi alternatif: pada Pasar Tanjung dan Hypermart Lippo Mall Jember, karakteristik yang paling dipertimbangkan adalah kesegaran daging; (d) Proses pembelian: konsumen di Pasar Tanjung lebih terencana dalam pembelian, sedangkan Hypermart Lippo Mall Jember lebih tergantung situasi. Faktor utama pembelian di Pasar Tanjung adalah harga terjangkau dan di Hypermart Lippo Mall Jember adalah suasana belanja yang nyaman; dan (e) Evaluasi pasca pembelian: Pasar Tanjung dan Hypermart Lippo Mall Jember rata-rata konsumen berada pada tingkat puas dan akan melakukan pembelian daging ayam broiler kembali. 2.) Variabel yang berpengaruh secara nyata dalam pengambilan keputusan pemilihan lokasi pembelian konsumen dalam membeli daging ayam broiler di wilayah perkotaan Kabupaten Jember, yaitu usia, jumlah anggota keluarga, dan harga daging ayam broiler.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4447]