• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Matematika Pecahan Kelas IV SDN Darsono 04

    Thumbnail
    View/Open
    Agnillah Fadia Irnia_18021020438.pdf (2.156Mb)
    Date
    2024-12-23
    Author
    IRNIA, Agnillah fadia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan pendidikan matematika Realistis untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa pada topik pecahan pada siswa kelas IV SDN Darsono 04. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan baik pada keterlibatan siswa maupun hasil belajar. Keterlibatan siswa meningkat dari 47% pada siklus I menjadi 70,2% pada siklus II, hal ini menunjukkan partisipasi dan semangat belajar yang semakin besar. Hasil belajar siswa juga meningkat, persentase siswa mencapai tingkat ketuntasan meningkat dari 30,4% sebelum intervensi menjadi 56,5% pada siklus I, dan mencapai 78,3% pada siklus II. Penggunaan konteks dunia nyata dalam pendekatan Pendidikan Matematika Realistis membantu siswa lebih memahami dan mengingat konsep matematika, menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan relevan. Kesimpulannya, pendekatan RME terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil pembelajaran, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan mudah diakses oleh siswa. Diharapkan pelaksanaan penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar di sekolah dasar dan dijadikan acuan penelitian sebagai strategi berharga untuk meningkatkan mutu pendidikan matematika.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127220
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15472]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository