Show simple item record

dc.contributor.authorIRNIA, Agnillah fadia
dc.date.accessioned2025-07-08T02:53:35Z
dc.date.available2025-07-08T02:53:35Z
dc.date.issued2024-12-23
dc.identifier.nim180210204238en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127220
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 8 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan pendidikan matematika Realistis untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa pada topik pecahan pada siswa kelas IV SDN Darsono 04. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan baik pada keterlibatan siswa maupun hasil belajar. Keterlibatan siswa meningkat dari 47% pada siklus I menjadi 70,2% pada siklus II, hal ini menunjukkan partisipasi dan semangat belajar yang semakin besar. Hasil belajar siswa juga meningkat, persentase siswa mencapai tingkat ketuntasan meningkat dari 30,4% sebelum intervensi menjadi 56,5% pada siklus I, dan mencapai 78,3% pada siklus II. Penggunaan konteks dunia nyata dalam pendekatan Pendidikan Matematika Realistis membantu siswa lebih memahami dan mengingat konsep matematika, menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan relevan. Kesimpulannya, pendekatan RME terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil pembelajaran, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan mudah diakses oleh siswa. Diharapkan pelaksanaan penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar di sekolah dasar dan dijadikan acuan penelitian sebagai strategi berharga untuk meningkatkan mutu pendidikan matematika.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Agustiningsih, S.Pd., M.Pd DPA: Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAktivitasen_US
dc.subjectPecahanen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectPendekatan Matematika Realistik (PMR)en_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Matematika Pecahan Kelas IV SDN Darsono 04en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record