Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Gaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Islam Terpadu
Abstract
Pada abad 21 ini guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam
memilih model pembelajaran yang nantinya akan diterapkan saat proses
pembelajaran agar materi dapat diterima dengan baik oleh siswa. Pembelajaran
yang baik akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Menurut
beberapa penelitian terdahulu yang telah dilakukan, model Problem Based
Learning (PBL) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan latar
belakang yang telah dikemukakan, maka peneliti ingin mengatahui ada atau
tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada
Materi Gaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Islam Terpadu. Model
Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang
memunculkan masalah-masalah nyata yang berkaitan dengan kehidupan seharihari siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi gaya terhadap hasil
belajar siswa kelas IV ddi SD Islam Terpadu
Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Terpadu Bondowoso. Desain
penelitian dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Kelas IVA yang berjumlah 20 orang dan kelas IVB
yang berjumlah 23 orang merupakan subjek dalam penelitian ini. Sebelum
melakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas. Uji
homogenitas dilakukan dengan menggunakan nilai ulangan harian siswa dan
ditemukan bahwa kedua kelas tersebut homogen. Selanjutnya, menentukan kelas
kontrol dan kelas eksperimen dengan undian. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu tes. Tes dalam penelitian ini menggunakan
24 soal pilihan ganda yang digunakan untuk pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t-test dan uji keefektifan relatif
(ER) untuk mengatahui efektifitas dari penggunaan model PBL ini.
Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan nilai rata-rata pretest dan
posttest kelas eksperimen sebesar 57,30 dan 81,95 sehingga selisih nilainya
sebesar 24,65, sedangkan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol sebesar
55,35 dan 70,3 selisih nilai yang didapatkan sebesar 14,95. Selanjutnya dilakukan
ui normalitas dan hasilnya diketahui bahwa data tersebut telah berdistribusi
normal. Kemudian, dilakukan uji t-test menggunakan SPSS versi 26 dan
didapatkan hasil sebesar 3,106 dan dengan db = 41 sebesar 1,683
pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan hasil perhitungan keefektifan relatif adalah
48,9% yang termasuk kedalam kategori sedang. Pengujian hipotesis apabila
≥ , maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan pada (
) diterima, artinya
terdapat pengaruh yang signifikan. Sesuai dengan ketentuan tersebut, maka
≥ yaitu 3,106 ≥ 1,683, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil
belajar pada materi gaya terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Islam
Terpadu.