Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Icha Aprilliana
dc.date.accessioned2025-07-08T02:38:03Z
dc.date.available2025-07-08T02:38:03Z
dc.date.issued2024-12-17
dc.identifier.nim200210204173en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127215
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 8 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPada abad 21 ini guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model pembelajaran yang nantinya akan diterapkan saat proses pembelajaran agar materi dapat diterima dengan baik oleh siswa. Pembelajaran yang baik akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Menurut beberapa penelitian terdahulu yang telah dilakukan, model Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka peneliti ingin mengatahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Gaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Islam Terpadu. Model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang memunculkan masalah-masalah nyata yang berkaitan dengan kehidupan seharihari siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi gaya terhadap hasil belajar siswa kelas IV ddi SD Islam Terpadu Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Terpadu Bondowoso. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Kelas IVA yang berjumlah 20 orang dan kelas IVB yang berjumlah 23 orang merupakan subjek dalam penelitian ini. Sebelum melakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas. Uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan nilai ulangan harian siswa dan ditemukan bahwa kedua kelas tersebut homogen. Selanjutnya, menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan undian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes. Tes dalam penelitian ini menggunakan 24 soal pilihan ganda yang digunakan untuk pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t-test dan uji keefektifan relatif (ER) untuk mengatahui efektifitas dari penggunaan model PBL ini. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 57,30 dan 81,95 sehingga selisih nilainya sebesar 24,65, sedangkan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 55,35 dan 70,3 selisih nilai yang didapatkan sebesar 14,95. Selanjutnya dilakukan ui normalitas dan hasilnya diketahui bahwa data tersebut telah berdistribusi normal. Kemudian, dilakukan uji t-test menggunakan SPSS versi 26 dan didapatkan hasil sebesar 3,106 dan dengan db = 41 sebesar 1,683 pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan hasil perhitungan keefektifan relatif adalah 48,9% yang termasuk kedalam kategori sedang. Pengujian hipotesis apabila ≥ , maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan pada ( ) diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Sesuai dengan ketentuan tersebut, maka ≥ yaitu 3,106 ≥ 1,683, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar pada materi gaya terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Islam Terpadu.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Agustiningsih S.Pd., M.Pd. DPA: Kendid Mahmudi S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learning (PBL)en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Gaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Islam Terpaduen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Kendid Mahmudi S.Pd., M.Pfisen_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record