• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Antara Orientasi Belajar dengan Tingkat Partisipasi Peseta Pelatihan PPKS di UPT Balai Diklat KKB Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Tarin Filza Syahrani_200210201077 (1.496Mb)
    Date
    2025-01-17
    Author
    SYAHRANI, Tarin Filza
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Orientasi belajar pada orang dewasa adalah berpusat pada masalah, orang dewasa akan lebih tertarik mengikuti pembelajaran apabila materi dalam pembelajaran tersebut relevan dengan yang sedang dihadapi dan dapat segera diterapkan dalam kehidupan mereka. Perbedaan orientasi belajar yang dimiliki oleh tiap peserta pelatihan akan berpengaruh kepada tingkat partisipasi peserta. Hal tersebut dikarenaan dengan orientasi belajar yang dimiliki maka akan memunculkan minat dan motivasi pada diri peserta untuk berpartisipasi penuh dalam setiap rangkaian pembelajaran. Seperti halnya pada pelatihan PPKS (Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera) yang dilaksanakan di UPT Balai Diklat KKB Jember, dimana terdapat beberapa peserta pelatihan dengan orientasi belajar yang berbeda, sehingga hal tersebut berpengaruh pada partisipasi peserta dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan uraian tersebut, pada penelitian ini dirumuskan masalah yaitu, “Adakah hubungan antara orientasi belajar dengan tingkat partisipasi peserta pelatihan PPKS di UPT Balai Diklat KKB Jember?” penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidak hubungan antara orientasi belajar dengan tingkat partisipasi peserta pelatihan di UPT Balai Diklat KKB Jember. Metode yang digunakan yaitu korelasional, menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive area. Sampel pada penelitian ini merupakan peserta pelatihan yang telah mengikuti kegiatan pelatihan PPKS di UPT Balai Diklat KKB Jember berjumlah 41 orang, menggunakan teknik pengambilan sampel, yaitu random sampling. Data pada penelitian ini didapatkan dari penyebaran kuesioner secara online dengan Google Form serta pengumpulan data melalui metode dokumentasi. Uji validitas dilakukan di DP3AKB Jember karena memiliki karakterisik yang sama. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik uji analisis product moment menggunakan bantuan perangkat SPSS versi 25. Hasil analisis uji korelasi product moment dilakukan pada indikator orientasi belajar berpusat pada pemecahan masalah (X1.1) dengan Tingkat Partisipasi (Y) memiliki nilai 0,892 termasuk dalam kategori sangat kuat, dibuktikan dengan peserta yang lebih berpartisipasi aktif apabila pembelajaran relevan dengan kehidupan sehingga bisa membantu mereka untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Indikator orientasi belajar terhadap diri (X1.2) dengan Tingkat Partisipasi (Y) mendapatkan hasil 0,861 dengan kategori sangat kuat, dibuktikan dengan partisipasi peserta pelatihan dalam pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan dan meningkatkan potensi yang dimiliki guna memenehuhi kebutuhan dirinya kaitannya dengan meningkatkan profesionalitas guan menunjang karir. Indikator orientasi belajar terhadap peran lingkungan sosial dan komunitas (X1.3) dengan Tingkat Partisipasi (Y) menghasilkan nilai 0,852 termasuk dalam kategori sangat kuat, dibuktikan dengan peserta lebih berpartisipasi mengikuti pembelajaran karena adanya kebutuhan dalam diri mereka untuk meningkatkan perannya dalam lingkungan sosial dan komunitas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara Orientasi Belajar (X) dengan Tingkat Partisipasi (Y) dan didapatkan hasil 0.916 yang termasuk dalam kategori sangat kuat, dibuktikan dengan adanya orientasi belajar yang dimiliki peserta pelatihan yang mempengaruhi tingkat partisipasi, karena semakin kuat orientasi belajar peserta akan memunculkan motivasi belajar yang tinggi sehingga dapat meningkatkan partisipasi peserta pelatihan dalam proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara orientasi belajar (X) dengan tingkat partisipasi (Y) peserta pelatihan PPKS. Dibuktikan dengan nilai r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,916> 0,316). Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi masukan dan pertimbangan dalam mengidentifikasi kebutuhan dan tujuan belajar peserta pelatihan serta merancang pembelajaran berdasarkan orientasi belajar orang dewasa sehingga dapat meningkatkan partisipasi peserta dalam kegiatan pembelajaran dan dapat mewujudkan tujuan pembelajaran dengan maksimal.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127214
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15472]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository