• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Ajar Berbentuk Ensiklopedia pada Kelas III Tema 2 Subtema 3 Materi Cara Merawat Tumbuhan Kopi di SDN 2 Toyomarto Malang

    Thumbnail
    View/Open
    Syinta Nur Hafidah_190210204178_Repository Unej.pdf (6.494Mb)
    Date
    2025-01-24
    Author
    HAFIDAH, Syinta Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan pondasi untuk membangun dan menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu dan berkualitas, salah satu aspeknya yaitu sarana dan prasana. Namun, perkembangan dan penyebaran buku ajar di sekolah dasar masih belum merata. Buku ajar yang digunakan cenderung bersifat umum, ketidaksesuaian dengan kompetensi yang akan dicapai, dan belum disesuaikan dengan kebutuhan dan lingkungan sekitar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas III SDN 2 Toyomarto, Malang bahwa penggunaan bahan ajar yang digunakan adalah bahan ajar yang diterbitkan oleh pemerintah dan sumber ajar lainnya seperti buku ajar masih terbatas. Pentingnya buku ajar berbentuk ensiklopedia materi cara merawat tumbuhan kopi dikembangkan dikarenakan buku ajar ini masih belum dikembangkan di sekolah, sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan siswa. Buku ajar berbentuk ensiklopedia ini dipilih dikarenakan cocok untuk siswa kelas rendah khususnya kelas 3 yang dikemas secara kreatif, inovatif, dan komunikatif. Buku ajar berbentuk ensiklopedia materi cara merawat tumbuhan kopi dapat menjadi buku suplemen yang membantu guru dalam proses pembelajaran dan bagi siswa dapat menambah pengetahuan, pemahaman, dan wawasan baru sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pengembangan buku ajar berbentuk ensiklopedia dan bagaimanakah validitas, efektivitas dan kepraktisan penggunaan buku ajar berbentuk ensiklopedia pada kelas III tema 2 subtema 3 materi cara merawat tumbuhan kopi di SDN 2 Toyomarto Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan buku ajar berbentuk ensiklopedia dan mengetahui validitas, efektivitas dan kepraktisan penggunaan buku ajar berbentuk ensiklopedia pada kelas III tema 2 subtema 3 materi cara merawat tumbuhan kopi di SDN 2 Toyomarto Malang Desain penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang meliputi 10 tahapan. Namun, pada penelitian ini dilakukan hingga 8 tahapan yaitu meliputi: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan pengembangan; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi produk awal; (6) uji coba penggunaan produk; (7) revisi desain produk; (8) uji coba keefektifan produk. Penelitian dilakukan di SDN 2 Toyomarto Malang dengan subjek penelitian siswa kelas III A dan IIIB yang berjumlah 38 siswa. Instrumen pengumpulan data ini yaitu lembar wawancara, lembar validasi, soal pretest dan posttest, serta lembar angket respon siswa. Data yang diperoleh berasal dari hasil validasi, hasil belajar pretest dan posttest, serta hasil respon peserta didik. Hasil analisis data pengembangan buku ajar berbentuk ensiklopedia materi cara merawat tumbuhan kopi telah memenuhi tiga kriteria, yaitu: 1) valid, hasil analisis validitas produk termasuk kategori sangat layak dengan memperoleh skor 85,4 untuk validasi media, skor 83,3 untuk validasi bahasa dan skor 90 untuk validasi materi; (2) efektif, berdasarkan uji keefektifan relatif (ER) sebesar 68,56% terkategori keefektifan tinggi; (3) praktis, hasil analisis kepraktisan memperoleh persentase sebesar 90,32% terkategori sangat praktis. Berdasarkan pemaparan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk buku ajar berbentuk ensiklopedia materi cara merawat tumbuhan kopi yang dikembangkan adalah buku ajar yang valid, efektif, dan praktis layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian, saran dari peneliti adalah bagi guru dapat mengembangkan buku ajar yang disesuaikan dengan materi yang dibutuhkan dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dikemas secara menarik guna menumbuhkan minat belajar siswa. Bagi siswa dapat menjadi alah satu alternatif pembelajaran yang menyenangkan dan bervariasi sehingga meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain dapat berperan sebagai rujukan dan bahan perbandingan dalam melakukan penelitian sejenis berikutnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127187
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15472]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository