Show simple item record

dc.contributor.authorHAFIDAH, Syinta Nur
dc.date.accessioned2025-07-07T03:30:14Z
dc.date.available2025-07-07T03:30:14Z
dc.date.issued2025-01-24
dc.identifier.nim190210204178en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127187
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 7 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPendidikan merupakan pondasi untuk membangun dan menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu dan berkualitas, salah satu aspeknya yaitu sarana dan prasana. Namun, perkembangan dan penyebaran buku ajar di sekolah dasar masih belum merata. Buku ajar yang digunakan cenderung bersifat umum, ketidaksesuaian dengan kompetensi yang akan dicapai, dan belum disesuaikan dengan kebutuhan dan lingkungan sekitar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas III SDN 2 Toyomarto, Malang bahwa penggunaan bahan ajar yang digunakan adalah bahan ajar yang diterbitkan oleh pemerintah dan sumber ajar lainnya seperti buku ajar masih terbatas. Pentingnya buku ajar berbentuk ensiklopedia materi cara merawat tumbuhan kopi dikembangkan dikarenakan buku ajar ini masih belum dikembangkan di sekolah, sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan siswa. Buku ajar berbentuk ensiklopedia ini dipilih dikarenakan cocok untuk siswa kelas rendah khususnya kelas 3 yang dikemas secara kreatif, inovatif, dan komunikatif. Buku ajar berbentuk ensiklopedia materi cara merawat tumbuhan kopi dapat menjadi buku suplemen yang membantu guru dalam proses pembelajaran dan bagi siswa dapat menambah pengetahuan, pemahaman, dan wawasan baru sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pengembangan buku ajar berbentuk ensiklopedia dan bagaimanakah validitas, efektivitas dan kepraktisan penggunaan buku ajar berbentuk ensiklopedia pada kelas III tema 2 subtema 3 materi cara merawat tumbuhan kopi di SDN 2 Toyomarto Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan buku ajar berbentuk ensiklopedia dan mengetahui validitas, efektivitas dan kepraktisan penggunaan buku ajar berbentuk ensiklopedia pada kelas III tema 2 subtema 3 materi cara merawat tumbuhan kopi di SDN 2 Toyomarto Malang Desain penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang meliputi 10 tahapan. Namun, pada penelitian ini dilakukan hingga 8 tahapan yaitu meliputi: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan pengembangan; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi produk awal; (6) uji coba penggunaan produk; (7) revisi desain produk; (8) uji coba keefektifan produk. Penelitian dilakukan di SDN 2 Toyomarto Malang dengan subjek penelitian siswa kelas III A dan IIIB yang berjumlah 38 siswa. Instrumen pengumpulan data ini yaitu lembar wawancara, lembar validasi, soal pretest dan posttest, serta lembar angket respon siswa. Data yang diperoleh berasal dari hasil validasi, hasil belajar pretest dan posttest, serta hasil respon peserta didik. Hasil analisis data pengembangan buku ajar berbentuk ensiklopedia materi cara merawat tumbuhan kopi telah memenuhi tiga kriteria, yaitu: 1) valid, hasil analisis validitas produk termasuk kategori sangat layak dengan memperoleh skor 85,4 untuk validasi media, skor 83,3 untuk validasi bahasa dan skor 90 untuk validasi materi; (2) efektif, berdasarkan uji keefektifan relatif (ER) sebesar 68,56% terkategori keefektifan tinggi; (3) praktis, hasil analisis kepraktisan memperoleh persentase sebesar 90,32% terkategori sangat praktis. Berdasarkan pemaparan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk buku ajar berbentuk ensiklopedia materi cara merawat tumbuhan kopi yang dikembangkan adalah buku ajar yang valid, efektif, dan praktis layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian, saran dari peneliti adalah bagi guru dapat mengembangkan buku ajar yang disesuaikan dengan materi yang dibutuhkan dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dikemas secara menarik guna menumbuhkan minat belajar siswa. Bagi siswa dapat menjadi alah satu alternatif pembelajaran yang menyenangkan dan bervariasi sehingga meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain dapat berperan sebagai rujukan dan bahan perbandingan dalam melakukan penelitian sejenis berikutnya.en_US
dc.description.sponsorshipNama Pembimbing I : Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. Nama Pembimbing II : Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectEnsiklopediaen_US
dc.subjectPengembangan Buku Ajaren_US
dc.subjectMerawat Tanaman Kopien_US
dc.titlePengembangan Buku Ajar Berbentuk Ensiklopedia pada Kelas III Tema 2 Subtema 3 Materi Cara Merawat Tumbuhan Kopi di SDN 2 Toyomarto Malangen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 7 Februari,2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record