Strategi Bersaing pada Pusat Oleh-Oleh Osing Deles Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi bersaing pada Osing Deles. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bersaing yang diterapkan oleh Osing Deles yaitu strategi bersaing generik meliputi strategi biaya rendah, strategi differensiasi dan strategi fokus. Strategi biaya rendah yang dilakukan yaitu harga bahan baku yang murah dengan kualitas bagus. Strategi differenasiasi yang dilakukan yaitu dengan memiliki variasi dan inovasi produk, menjaga kualitas produk, memiliki pelayanan yang baik dan ramah dengan fasilitas yang diberikan sangat lengkap sesuai dengan kebutuhan konsumen. Strategi fokus yang dilakukan yaitu Osing Deles fokus pada pemasaran ke semua kalangan baik kalangan menengah ke bawah maupun menengah ke atas, baik konsumen lokal maupun konsumen luar kota.