Pengaruh Persepsi Harga dan Customer Experience melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Tomoro Coffee di Kabupaten Jember
Abstract
Kopi adalah salah satu komoditas utama Indonesia yang terus mengalami
perkembangan pesat. Popularitas kopi di kalangan masyarakat termasuk anak muda
mendorong pertumbuhan industri coffee shop di Indonesia, mulai dari gerai kecil
hingga setiap restoran kini menyajikan minuman berbahan dasar kopi. Indonesia
bahkan menjadi produsen kopi terbesar ketiga di dunia pada 2022-2023, dengan
produksi mencapai 11,85 juta karung. Kabupaten Jember yang terletak di Jawa Timur
merupakan salah satu daerah penghasil kopi, sehingga tidak heran jika banyak
bermunculan coffee shop baru, salah satunya Tomoro Coffee. Merek asal China ini
telah berkembang pesat di Indonesia dan memiliki visi untuk merambah ke Asia
Tenggara dengan target mencapai 1.500 toko pada 2024, termasuk rencana pembukaan
gerai di Singapura, Filipina, dan Tiongkok. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian
disusun guna menganalisis pengaruh persepsi harga dan customer experience melalui
kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang pada Tomoro Coffee di Kabupaten
Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan termasuk dalam kategori
explanatory research. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan pada
Tomoro Coffee di Kabupaten Jember. Metode pengambilan sampel menggunakan
teknik non probability sampling berupa purposive sampling. Sampel dari penelitian
adalah 140 pelanggan yang pernah berkunjung dan melakukan pembelian di Tomoro
Coffee minimal 1x dalam 5 bulan terakhir, serta berusia 18 tahun ke atas. Penelitian ini
menggunakan data primer yang didapatkan dari hasil kuesioner yang disebarkan