• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Entrepreneurial Capability dan Branding Capability Terhadap Competitive Advantage Kafe di Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Nabiladev Ummatin_190910202091 (1.953Mb)
    Date
    2024-11-07
    Author
    UMMATIN, Nabiladev
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fenomena café society adalah jenis gaya hidup yang popular pada masyarakat urban dengan merujuk pada pemuasan gairah akan hiburan masyarakat. Kafe di Jember telah menjadi hiburan bahkan kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat dengan berbagai minat dan kebutuhan yang berbeda. Selain menyajikan makanan dan minuman yang bervariasi, kafe di Jember juga menampilkan citra dan ciri khas yang berbeda-beda dengan variasi interior kafe, hiburan seperti live music, standup comedy, nonton bareng, alat permainan, hingga pemandangan disekitar kafe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh entrepreneurial capability dan branding capability terhadap competitive advantage kafe di Kabupaten Jember. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode analisis linier berganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan penyebaran kuesioner penelitian pada 61 responden yang merupakan pengelola atau yang mewakili dari kafe. Indikator entrepreneurial capability yang diaplikasikan pada penelitian ini adalah pemahaman dari Maulini et al (2022) dan Vu (2020) yaitu dapat melihat peluang pasar, keberanian dalam mengambil keputusan, kepemimpinan, relasi, dan eksplorasi, sedangkan branding capability dari Handini et al (2021b) yaitu internal branding kafe dan eksternal branding kafe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) entrepreneurial capability berpengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage; 2) branding capability berpengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage; 3) entrepreneurial capability dan branding capability secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage kafe di Kabupaten Jember. Sehingga dapat diartikan setiap peningkatan entrepreneurial capability dan branding capability maka competitive advantage juga akan mengalami peningkatan. Namun dua variabel yang mempengaruhi tersebut bukan merupakan pengaruh utama pada competitive advantage.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126877
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5669]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository