Show simple item record

dc.contributor.authorUMMATIN, Nabiladev
dc.date.accessioned2025-07-01T01:51:58Z
dc.date.available2025-07-01T01:51:58Z
dc.date.issued2024-11-07
dc.identifier.nim190910202091en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126877
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 30 Juni 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractFenomena café society adalah jenis gaya hidup yang popular pada masyarakat urban dengan merujuk pada pemuasan gairah akan hiburan masyarakat. Kafe di Jember telah menjadi hiburan bahkan kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat dengan berbagai minat dan kebutuhan yang berbeda. Selain menyajikan makanan dan minuman yang bervariasi, kafe di Jember juga menampilkan citra dan ciri khas yang berbeda-beda dengan variasi interior kafe, hiburan seperti live music, standup comedy, nonton bareng, alat permainan, hingga pemandangan disekitar kafe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh entrepreneurial capability dan branding capability terhadap competitive advantage kafe di Kabupaten Jember. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode analisis linier berganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan penyebaran kuesioner penelitian pada 61 responden yang merupakan pengelola atau yang mewakili dari kafe. Indikator entrepreneurial capability yang diaplikasikan pada penelitian ini adalah pemahaman dari Maulini et al (2022) dan Vu (2020) yaitu dapat melihat peluang pasar, keberanian dalam mengambil keputusan, kepemimpinan, relasi, dan eksplorasi, sedangkan branding capability dari Handini et al (2021b) yaitu internal branding kafe dan eksternal branding kafe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) entrepreneurial capability berpengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage; 2) branding capability berpengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage; 3) entrepreneurial capability dan branding capability secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage kafe di Kabupaten Jember. Sehingga dapat diartikan setiap peningkatan entrepreneurial capability dan branding capability maka competitive advantage juga akan mengalami peningkatan. Namun dua variabel yang mempengaruhi tersebut bukan merupakan pengaruh utama pada competitive advantage.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Yuslinda Dwi Handini, S.Sos., M.AB. DPA: Dr. Edy Wahyudi, S.Sos., M.M.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectEntrepreneurial Capability Dan Branding Capabilityen_US
dc.subjectCompetitive Advantage Kafeen_US
dc.titlePengaruh Entrepreneurial Capability dan Branding Capability Terhadap Competitive Advantage Kafe di Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiAdministrasi Bisnisen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Yuslinda Dwi Handini, S.Sos., M.AB.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Edy Wahyudi, S.Sos., M.M.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Mei 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record