Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Ekowisata Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Geografi Siswa SMA/MA
Abstract
Ekowisata lokal merupakan sektor yang berkembang pesat dalam industri
pariwisata, dengan fokus pada pelestarian alam dan budaya serta pemberdayaan
masyarakat lokal. Pembelajaran berbasis proyek menjadi metode alternatif dalam
pendidikan untuk membantu siswa menemukan dan menyelesaikan permasalahan
nyata melalui proyek kolaboratif. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji
pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis ekowisata lokal
terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA/MA. Jenis penelitian ini mengacu
pada penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen menggunakan desain
Post Test Only Control Group Design. Penelitian ini mengambil dan menggunakan
data untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa dengan diberikan empat
soal essay. Hasil penelitian didapatkan nilai kelas kontrol mendapat rata-rata
sebesar 60 dan kelas eksperimen 80. Data tersebut diperkuat pada hasil T-Test
menggunakan nilai kemampuan berpikir kreatif dengan hasil Sig. (2-tailed) sebesar
0,000. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model PjBL terhadap kemampuan
berpikir kreatif siswa