• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Hambatan dan Lift Force dari Modifikasi Stephull pada Speed Boad Menggunakan Metode CFD

    Thumbnail
    View/Open
    Amy Natuzzahroh_201910701014_Repository.pdf (1.367Mb)
    Date
    2024-07-22
    Author
    NATUZZAHROH, Amy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kapal dengan kecepatan tinggi merupakan salah satu jenis kapal yang banyak digunakan di berbagai kebutuhan. Kebutuhan akan kendaraan laut semakin meningkat, kecepatan tinggi disebabkan pengembangan beberapa bentuk desain lambung lebih canggih, seperti kapal planing hull yang biasanya digunakan dalam transportasi air berkecepatan tinggi. Namun, semakin tinggi kecepatan kapal maka semakin tinggi nilai hambatannya. Maka dari itu, apakah dengan adanya modifikasi step hull pada lambung kapal dapat mengurangi nilai hambatan pada kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan modifikasi step hull pada lambung kapal dapat mengurangi nilai hambatan. Step hull adalah modifikasi bentuk lambung berupa step melintang yang berada pada bawah lambung kapal, jika dilihat dari samping bentuk kapal seperti terpotong di bagian bawahnya. Penggunaan bentuk lambung step hull dapat menguangi luas permukaan basah yang mengurangi nilai hambatan. Modifikasi step hull pada kapal speed boad menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk memperoleh nilai hambatan dengan membandingkan kapal existing dengan variasi step hull 180° dan variasi step hull 150°. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya modifikasi step hull dengan variasi step hull 180° dan variasi step hull 150° dapat mengurangi nilai hambatan. Dari hasil penelitian dapat diketahui modifikasi step hull pada kapal speedboat dengan sudut 180° menunjukkan hasil yang paling baik dalam hal penurunan hambatan dan lift force,
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126663
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4242]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository