Show simple item record

dc.contributor.authorKINANTI, Amalia Nurma
dc.date.accessioned2025-06-18T02:15:22Z
dc.date.available2025-06-18T02:15:22Z
dc.date.issued2024-07-17
dc.identifier.nim200210302020en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126615
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 18 Juni 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian dalam skripsi berjudul judul “Pengaruh Film Dokumenter Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Berbasis Biographical Method Terhadap Literasi Visual Skill Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah” ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin kurangnya intensitas ketertarikan membaca, menganalisis, dan mendeskripsikan visual kejadian di masa lampau peserta didik saat pembelajaran sejarah. Sehingga untuk mencapai keberhasilan pembelajaran memerlukan adanya media pembelajaran yang mampu mendukung fenomena kurangnya intensitas visual peserta didik seperti film dokumenter. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari media yang dipilih yakni film dokumenter terhadap peserta didik di pembelajaran sejarah dan menganalisis perbedaam sebelum serta sesudah pemberian media film dokumenter. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan instrumen tes serta wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa film dokumenter proklamasi kemerdekaan Indonesia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap literacy visual skill yang ditunjukkan dalam nilai partial eta square sebesar 0,080. Sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dipilih yakni film dokumenter mampu memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca visual peserta didik untuk menganalis peristiwa sejarah yang terjadi di masa lampau.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Ed. DPA: Jefri Rieski Triyanto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectFilm Dokumenteren_US
dc.subjectPembelajaran Sejarahen_US
dc.subjectBiographical Methoden_US
dc.subjectLiteracy Visual Skillen_US
dc.titlePengaruh Film Dokumenter Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Berbasis Biographical Method Terhadap Visual Literacy Skill Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarahen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Ed.en_US
dc.identifier.pembimbing2Jefri Rieski Triyanto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Juni 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record