Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan PhET Simulation terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMK
Abstract
Pemilihan model pembelajaran yang masih kurang sesuai, kurangnya penggunaan media pembelajaran, metode pengajaran yang masih berpusat hanya pada guru merupakan permasalahan yang cukup penting untuk dibahas khususnya dalam kegiatan pembelajaran fisika yang konsep-konsepnya masuk dalam kategori cukup sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan Simulasi PhET terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMK. Model pembelajaran ini tentu saja dibangun melalui proses berpikir, berbicara dan menulis. Sehingga dapat mengembangkan kemampuan siswa. Selain itu, penggunaan media yang tepat dan interaktif seperti Simulasi PhET turut berkontribusi terhadap keberhasilan proses pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design, dengan populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Jember. Populasi telah diukur dan homogen melalui uji homogenitas, sehingga sampel diambil dengan menggunakan metode Cluster Random Sampling. Jadi sampel penelitian yang diperoleh adalah X TBS 3 sebagai kelas eksperimen dan X RPL sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil tes angket sikap ilmiah pada kelas eksperimen lebih besar dengan skor rata-rata sebesar 87,65% dan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata sebesar 75,78%. Selanjutnya hasil belajar fisika melalui post-test pada kelas eksperimen lebih besar yaitu dengan skor rata-rata 87,2 dan pada kelas kontrol skor rata-rata 77,3. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan Simulasi PhET terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMK.