• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan PhET Simulation terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMK

    Thumbnail
    View/Open
    PRETTY SHINTYANINGRUM_200210102057.pdf (994.3Kb)
    Date
    2024-03-25
    Author
    SHINTYANINGRUM, Pretty
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemilihan model pembelajaran yang masih kurang sesuai, kurangnya penggunaan media pembelajaran, metode pengajaran yang masih berpusat hanya pada guru merupakan permasalahan yang cukup penting untuk dibahas khususnya dalam kegiatan pembelajaran fisika yang konsep-konsepnya masuk dalam kategori cukup sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan Simulasi PhET terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMK. Model pembelajaran ini tentu saja dibangun melalui proses berpikir, berbicara dan menulis. Sehingga dapat mengembangkan kemampuan siswa. Selain itu, penggunaan media yang tepat dan interaktif seperti Simulasi PhET turut berkontribusi terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design, dengan populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Jember. Populasi telah diukur dan homogen melalui uji homogenitas, sehingga sampel diambil dengan menggunakan metode Cluster Random Sampling. Jadi sampel penelitian yang diperoleh adalah X TBS 3 sebagai kelas eksperimen dan X RPL sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil tes angket sikap ilmiah pada kelas eksperimen lebih besar dengan skor rata-rata sebesar 87,65% dan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata sebesar 75,78%. Selanjutnya hasil belajar fisika melalui post-test pada kelas eksperimen lebih besar yaitu dengan skor rata-rata 87,2 dan pada kelas kontrol skor rata-rata 77,3. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan Simulasi PhET terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMK.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126528
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository