Show simple item record

dc.contributor.authorSHINTYANINGRUM, Pretty
dc.date.accessioned2025-06-12T02:19:39Z
dc.date.available2025-06-12T02:19:39Z
dc.date.issued2024-03-25
dc.identifier.nim200210102057en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126528
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 12 Juni 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPemilihan model pembelajaran yang masih kurang sesuai, kurangnya penggunaan media pembelajaran, metode pengajaran yang masih berpusat hanya pada guru merupakan permasalahan yang cukup penting untuk dibahas khususnya dalam kegiatan pembelajaran fisika yang konsep-konsepnya masuk dalam kategori cukup sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan Simulasi PhET terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMK. Model pembelajaran ini tentu saja dibangun melalui proses berpikir, berbicara dan menulis. Sehingga dapat mengembangkan kemampuan siswa. Selain itu, penggunaan media yang tepat dan interaktif seperti Simulasi PhET turut berkontribusi terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design, dengan populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Jember. Populasi telah diukur dan homogen melalui uji homogenitas, sehingga sampel diambil dengan menggunakan metode Cluster Random Sampling. Jadi sampel penelitian yang diperoleh adalah X TBS 3 sebagai kelas eksperimen dan X RPL sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil tes angket sikap ilmiah pada kelas eksperimen lebih besar dengan skor rata-rata sebesar 87,65% dan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata sebesar 75,78%. Selanjutnya hasil belajar fisika melalui post-test pada kelas eksperimen lebih besar yaitu dengan skor rata-rata 87,2 dan pada kelas kontrol skor rata-rata 77,3. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan Simulasi PhET terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMK.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Drs. Subiki, M.Kes., M.C.E. DPA: Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd., CIQnR., M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBerpikir Berbicara Menulisen_US
dc.subjectSimulasi PhETen_US
dc.subjectSikap Ilmiahen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan PhET Simulation terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMKen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Subiki, M.Kes., M.C.E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd., CIQnR., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Mei 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record