• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi Mobile JKN pada Peserta BPJS Kesehatan Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Hanifa Permataningrum_192110101005 (2.736Mb)
    Date
    2023-07-04
    Author
    PERMATANINGRUM, Hanifa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan aplikasi yang dirancang untuk memudahkan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) dalam memperoleh pelayanan JKN tanpa perlu mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan Jember telah menerapkan pelayanan administrasi JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN, dimana jumlah penggunanya hingga September 2022 adalah 185.155 atau 11% dari total peserta BPJS Kesehatan Kabupaten Jember. Data tersebut menunjukkan bahwa pengguna aplikasi Mobile JKN di Kabupaten Jember masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena terdapat masyarakat yang mengetahui aplikasi ini namun tidak minat menggunakannya, merasa belum membutuhkan aplikasi Mobile JKN, kurang memahami fitur yang tersedia, kesulitan mengakses karena berada di daerah susah sinyal, serta tidak memiliki fasilitas yang memadai untuk mengakses aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerimaan pengguna aplikasi Mobile JKN pada peserta BPJS Kesehatan Kabupaten Jember dengan menggunakan metode gabungan Theory of Planned Behavior (TPB) dan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada bulan Maret hingga April 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta BPJS Kesehatan Kabupaten Jember yang menggunakan aplikasi Mobile JKN sebanyak 185.155 peserta. Teknik pengambilan sampel adalah systematic random sampling sebanyak 168 responden. Variabel yang diteliti pada penelitian ini adalah faktor sosial (usia, jenis kelamin, pendidikan, pengetahuan), persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan, sikap terhadap perilaku, norma subjektif, pengendalian perilaku, intensi, dan penggunaan sesungguhnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berada pada kategori generasi Y (44%), memiliki pengetahuan baik (52,4%), persepsi kebermanfaatan tinggi (51,2%), persepsi kemudahan penggunaan (50%), sikap positif terhadap aplikasi Mobile JKN (78%), norma subjektif sedang (75,6%), pengendalian perilaku sedang (56,5%), intensi sedang (47%), dan penggunaan sesungguhnya sedang (47%). Berdasarkan analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh usia terhadap persepsi kemudahan penggunaan dengan nilai R2=0,155 dan nilai signifikasi=0,000, tidak terdapat pengaruh pengetahuan terhadap persepsi kemudahan penggunaan dengan nilai R2=0,010 dan nilai signifikasi=0,192, terdapat pengaruh persepsi kebermanfaatan terhadap sikap dengan nilai R2=0,130 dan nilai signifikasi=0,000, terdapat pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap sikap dengan nilai R2= 0,450 dan nilai signifikasi=0,000, terdapat pengaruh sikap terhadap intensi dengan nilai R2=0,219 dan nilai signifikasi=0,000, terdapat pengaruh norma subjektif terhadap intensi dengan nilai R2=0,083 dan nilai signifikasi=0,000, terdapat pengaruh pengendalian perilaku terhadap intensi dengan nilai R2=0,093 dan nilai signifikasi=0,000, terdapat pengaruh intensi terhadap penggunaan sesungguhnya dengan nilai R2=0,301 dan nilai signifikasi=0,000. Saran yang diberikan kepada pihak BPJS Kesehatan adalah mengoptimalkan sosialisasi mengenai aplikasi Mobile JKN terutama pada peserta yang dari generasi baby boom (1946-1960) dan generasi X (1961-1980), mengoptimalkan sosialisasi melalui media sosial agar aplikasi Mobile JKN dapat diketahui oleh semua kalangan masyarakat, serta memperbaiki sistem pada aplikasi Mobile JKN. Saran bagi masyarakat, khususnya pengguna aplikasi Mobile JKN untuk merekomendasikan atau mengajak peserta lain untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN. Sedangkan saran bagi penelitian selanjutnya adalah menambah jumlah sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling ataupun berdasarkan segmentasi kepesertaan BPJS Kesehatan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126463
    Collections
    • UT-Faculty of Public Health [2312]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository