• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemanfaatan Sarana Pendidikan di TK Plus Al Hujjah Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Ning Khoiriyah_190210205052 (837.3Kb)
    Date
    2024-07-04
    Author
    KHOIRIYAH, Ning
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan sarana pendidikan di TK Plus Al-Hujjah Jember, dengan fokus pada masalah penggunaan sarana yang kurang optimal dan hanya aktif saat pengecekan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP). Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan, melibatkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi, serta analisis dokumen terkait. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Kajian mengenai pemanfaatan sarana pendidikan di TK Plus Al-Hujjah Jember meliputi beberapa aspek, yakni responsif terhadap kebutuhan kelas dan tingkatan, kesesuaian dengan tujuan pendidikan, dampak diferensiasi pada pembelajaran, peran siswa dalam pemeliharaan dan penggunaan, efisiensi penggunaan sarana, kelebihan dan kekurangan dalam pemanfaatan sarana pendidikan, dan evaluasi efektifitas pemanfaatan. Hasilnya menunjukkan tantangan utama dalam pemanfaatan sarana meliputi responsivitas terhadap kebutuhan kelas yang belum optimal, penggunaan alat permainan edukatif (APE) yang terbatas pada alat yang ada di kelas, serta keterlibatan siswa yang minim dalam pemanfaatan tanpa adanya SOP yang jelas. Selain itu, efisiensi penggunaan APE juga belum maksimal, dengan beberapa alat tidak digunakan sepenuhnya dan persiapan sering terlambat. Ketiadaan evaluasi formal mengindikasikan kekurangan dalam penilaian efektifitas dan efisiensi pemanfaatan sarana pendidikan. Untuk meningkatkan efektivitas, disarankan perbaikan dalam pengelolaan APE, peningkatan keterlibatan siswa dalam bentuk aturan main, dan penerapan evaluasi rutin. TK Plus Al Hujjah cukup berhasil dalam penyesuaian pemanfaatan sarana pendidikan dengan visi sekolah, khususnya dalam hal keagamaan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126444
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository