Show simple item record

dc.contributor.authorKHOIRIYAH, Ning
dc.date.accessioned2025-06-03T02:58:42Z
dc.date.available2025-06-03T02:58:42Z
dc.date.issued2024-07-04
dc.identifier.nim190210205052en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126444
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 3 Juni 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan sarana pendidikan di TK Plus Al-Hujjah Jember, dengan fokus pada masalah penggunaan sarana yang kurang optimal dan hanya aktif saat pengecekan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP). Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan, melibatkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi, serta analisis dokumen terkait. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Kajian mengenai pemanfaatan sarana pendidikan di TK Plus Al-Hujjah Jember meliputi beberapa aspek, yakni responsif terhadap kebutuhan kelas dan tingkatan, kesesuaian dengan tujuan pendidikan, dampak diferensiasi pada pembelajaran, peran siswa dalam pemeliharaan dan penggunaan, efisiensi penggunaan sarana, kelebihan dan kekurangan dalam pemanfaatan sarana pendidikan, dan evaluasi efektifitas pemanfaatan. Hasilnya menunjukkan tantangan utama dalam pemanfaatan sarana meliputi responsivitas terhadap kebutuhan kelas yang belum optimal, penggunaan alat permainan edukatif (APE) yang terbatas pada alat yang ada di kelas, serta keterlibatan siswa yang minim dalam pemanfaatan tanpa adanya SOP yang jelas. Selain itu, efisiensi penggunaan APE juga belum maksimal, dengan beberapa alat tidak digunakan sepenuhnya dan persiapan sering terlambat. Ketiadaan evaluasi formal mengindikasikan kekurangan dalam penilaian efektifitas dan efisiensi pemanfaatan sarana pendidikan. Untuk meningkatkan efektivitas, disarankan perbaikan dalam pengelolaan APE, peningkatan keterlibatan siswa dalam bentuk aturan main, dan penerapan evaluasi rutin. TK Plus Al Hujjah cukup berhasil dalam penyesuaian pemanfaatan sarana pendidikan dengan visi sekolah, khususnya dalam hal keagamaan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSarana Pendidikan TKen_US
dc.subjectBantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Sekolahen_US
dc.titlePemanfaatan Sarana Pendidikan di TK Plus Al Hujjah Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Indah Rohmatuz Zahro, S.Pd.I., M.Pd.I.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Maret 2025en_US


Files in this item

No Thumbnail [100%x80]

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record