• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan pada Siswa Kelas V di SDN Kencong 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Khury Khilyatul Ulya_190210204161 (4.076Mb)
    Date
    2024-02-29
    Author
    ULYA, Khury Khilyatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas V SDN Kencong 01 Jember. Metode quasi experiment dengan desain non-equivalent control group diaplikasikan pada dua kelas (V-A sebagai eksperimen dengan PBL dan V-B sebagai kontrol dengan cooperative learning). Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, serta tes kognitif (pre-test dan post-test) yang telah divalidasi melalui uji validitas (0,381-0,708), reliabilitas (0,812), daya beda (0,29-0,71), dan tingkat kesulitan (0,31-0,71). Analisis data menggunakan uji-t sampel independen dan uji keefektifan relatif. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan (𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔=4,370 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙=2,008; α=5%) dengan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 55,77% (kategori sedang). Temuan ini membuktikan PBL lebih efektif menstimulasi keterlibatan aktif siswa dibanding metode konvensional, dengan kontribusi faktor internal-eksternal sebesar 44,23%. Implementasi PBL juga menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, mengurangi kebosanan siswa yang sebelumnya muncul akibat dominasi metode ceramah dan penugasan. Penelitian merekomendasikan PBL sebagai alternatif inovasi pedagogis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika SD, khususnya pada materi abstrak seperti pecahan. Dampak positifnya mencakup peningkatan hasil belajar dan penciptaan student-centered learning yang selaras dengan Kurikulum 2013.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126372
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository