Show simple item record

dc.contributor.authorULYA, Khury Khilyatul
dc.date.accessioned2025-05-20T03:05:16Z
dc.date.available2025-05-20T03:05:16Z
dc.date.issued2024-02-29
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126372
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 20 Mei 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas V SDN Kencong 01 Jember. Metode quasi experiment dengan desain non-equivalent control group diaplikasikan pada dua kelas (V-A sebagai eksperimen dengan PBL dan V-B sebagai kontrol dengan cooperative learning). Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, serta tes kognitif (pre-test dan post-test) yang telah divalidasi melalui uji validitas (0,381-0,708), reliabilitas (0,812), daya beda (0,29-0,71), dan tingkat kesulitan (0,31-0,71). Analisis data menggunakan uji-t sampel independen dan uji keefektifan relatif. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan (𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔=4,370 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙=2,008; α=5%) dengan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 55,77% (kategori sedang). Temuan ini membuktikan PBL lebih efektif menstimulasi keterlibatan aktif siswa dibanding metode konvensional, dengan kontribusi faktor internal-eksternal sebesar 44,23%. Implementasi PBL juga menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, mengurangi kebosanan siswa yang sebelumnya muncul akibat dominasi metode ceramah dan penugasan. Penelitian merekomendasikan PBL sebagai alternatif inovasi pedagogis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika SD, khususnya pada materi abstrak seperti pecahan. Dampak positifnya mencakup peningkatan hasil belajar dan penciptaan student-centered learning yang selaras dengan Kurikulum 2013.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pd. DPA: Agus Arifandi, M.Pd.I.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectHasil Belajar Matematikaen_US
dc.subjectMateri pecahanen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan pada Siswa Kelas V di SDN Kencong 01 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guu Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Agus Arifandi M.Pd.I.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Mei 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record