Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkakan Sikap Percaya Diri anak Kelompok B di TK ABA 1 Kaliwates Jember
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di TK ABA 1 Kaliwates Jember. Latar belakang
penelitian ini dikarenakan sekolah TK ABA 1 Kaliwates Jember merupakan salah
satu sekolah yang menerapkan model pembelajaran project based leraring serta
sikap percaya diri anak disekolah tersebut telah berkembang dengan baik. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis penerapan model pembelajaran
project based learning dalam meningkatkan sikap percaya diri anak kelompok B di
TK ABA 1 Kaliwates Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 13
anak. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan uji
kredibilitas data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran project based learning dengan
sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan lembar hasil observasi, check list, hasil
wawancara, dan hasil dokumentasi. Guru telah melaksanakan semua tahap
pembelajaran projecct based learning mulai dari memberikan pertanyaan
pemantik, merancang project, menyusun jadwal, monitor jalannya project,
penilaian hasil dan evaluasi. Sikap percaya diri anak yang diteliti meliputi percaya
dengan kemampuan sendiri, berani bertindak tanpa ragu-ragu, tidak mudah putus
asa, berani tampil, dan berani bertanya dan menjawab pertanyaan telah berkembang
dengan optimal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan dengan
menggunakan pembelajaran project based learning kemampuan sikap percaya diri
anak ikut berkembang dan terstimulasi dengan baik.
Kata kunci: Pembelajaran PJBL, Sikap Percaya Diri, PAUD Kelompok B