• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkakan Sikap Percaya Diri anak Kelompok B di TK ABA 1 Kaliwates Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Amalia Kusuma Devi_200210205015 (743.1Kb)
    Date
    2024-07-17
    Author
    DEVI, Amalia Kusuma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di TK ABA 1 Kaliwates Jember. Latar belakang penelitian ini dikarenakan sekolah TK ABA 1 Kaliwates Jember merupakan salah satu sekolah yang menerapkan model pembelajaran project based leraring serta sikap percaya diri anak disekolah tersebut telah berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis penerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan sikap percaya diri anak kelompok B di TK ABA 1 Kaliwates Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 13 anak. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan uji kredibilitas data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran project based learning dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan lembar hasil observasi, check list, hasil wawancara, dan hasil dokumentasi. Guru telah melaksanakan semua tahap pembelajaran projecct based learning mulai dari memberikan pertanyaan pemantik, merancang project, menyusun jadwal, monitor jalannya project, penilaian hasil dan evaluasi. Sikap percaya diri anak yang diteliti meliputi percaya dengan kemampuan sendiri, berani bertindak tanpa ragu-ragu, tidak mudah putus asa, berani tampil, dan berani bertanya dan menjawab pertanyaan telah berkembang dengan optimal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan dengan menggunakan pembelajaran project based learning kemampuan sikap percaya diri anak ikut berkembang dan terstimulasi dengan baik. Kata kunci: Pembelajaran PJBL, Sikap Percaya Diri, PAUD Kelompok B
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126081
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository