Show simple item record

dc.contributor.authorDEVI, Amalia Kusuma
dc.date.accessioned2025-04-24T06:50:25Z
dc.date.available2025-04-24T06:50:25Z
dc.date.issued2024-07-17
dc.identifier.nim200210205015en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126081
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 24 April 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di TK ABA 1 Kaliwates Jember. Latar belakang penelitian ini dikarenakan sekolah TK ABA 1 Kaliwates Jember merupakan salah satu sekolah yang menerapkan model pembelajaran project based leraring serta sikap percaya diri anak disekolah tersebut telah berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis penerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan sikap percaya diri anak kelompok B di TK ABA 1 Kaliwates Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 13 anak. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan uji kredibilitas data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran project based learning dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan lembar hasil observasi, check list, hasil wawancara, dan hasil dokumentasi. Guru telah melaksanakan semua tahap pembelajaran projecct based learning mulai dari memberikan pertanyaan pemantik, merancang project, menyusun jadwal, monitor jalannya project, penilaian hasil dan evaluasi. Sikap percaya diri anak yang diteliti meliputi percaya dengan kemampuan sendiri, berani bertindak tanpa ragu-ragu, tidak mudah putus asa, berani tampil, dan berani bertanya dan menjawab pertanyaan telah berkembang dengan optimal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan dengan menggunakan pembelajaran project based learning kemampuan sikap percaya diri anak ikut berkembang dan terstimulasi dengan baik. Kata kunci: Pembelajaran PJBL, Sikap Percaya Diri, PAUD Kelompok Ben_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Nanik Yuliati, M.Pd DPA: Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectSikap Percaya Dirien_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.titleAnalisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkakan Sikap Percaya Diri anak Kelompok B di TK ABA 1 Kaliwates Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_April 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record