Tingkat Kepuasan Petani Kedelai Hitam terhadap Pola Kemitraan dengan CV. Sinar Agro Solusi
Abstract
Tingkat Kepuasan Petani Kedelai Terhadap Pola Kemitraan Dengan Cv.
Sinar Agro Solusi; Khairil Anam, 161510601126; Program Studi Agribisnis
Fakultas Pertanian Universitas Jember.
Kedelai merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak dikonsumsi
oleh masayarakat. Kedelai digunakan sebagai bahan baku pembaatan tempe, tahu
dan juga kecap. Semakin bertambahnya tahun pertumbuhan penduduk dan tingkat
konsumsi kedelai semakin banyak serta tidak diimbangi dengan ketersediaan
lahan akan produksi kedelai. Upaya peningkatan produksi kedelai hitam dilakukan
dengan cara kemitraan antara perusahaan dengan petani untuk menanam kedelai
hitam. Salah satu perusahaan yang mengusahakan pemenuhan bahan baku kedelai
hitam yaitu CV. Sinar Agro Solusi yang bekerja sama dengan petani di
Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Proses kerjasama kemitraan perlu
adanya rasa saling memenuhi dan tujuan yang sama agar kegiatan yang dilakukan
dapat berjalan dengan baik serta memberi hasil sesuai dengan yang diharapkan
oleh masing-masing pihak. Oleh karena itu penting bagi peneliti untuk meneliti
tingkat kepuasan petani dalam menjalankan pola kemitraan dengan CV. Sinar
Agro Solusi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola kemitraan yang
dijalankan petani pada usahatani kedelai hitam di Kecamatan Bangsalsari
Kabupaten Jember dan untuk mengetahui tingkat kepuasan petani kedelai hitam
terhadap pelaksanaan kemitraan dengan CV. Sinar Agro Solusi. Lokasi penelitian
ditentukan menggunakan purposive method yaitu Kecamatan Bangsalsari sebagai
kecamatan tertinggi penghasil kedelai di Kabupaten Jember. Sampel peneltian ini
menggunakan simple random sampling dengan penentuan sample mengguakan
rumus Taro Yamane dengan tingkat error 15%. Sampel penelitian yakni petani
kedelai di Kecamatan Bangsal yang bermitra dengan CV. Sinar Agro Solusi
sebanyak 32 petani. Tingkat kepuasan petani mitra dianalisis menggunakan
Customer Satisfaction Indexs (CSI) dengan menggunakan sembilan indikator
yaitu sarana pengangkutan, kemudahan mendapatkan benih, proses pengajuan
mitra, pembayaran benih, respon keluhan petani, pemasaran kedelai, kepastian
harga, ketepatan waktu pembayaran, pelatihan dan bimbingan teknis. Pembobotan
nilai setiap indikator yang digunakan dinilai menggunakan skala likert 1-5 dengan
menggunakan rentang skala tingkat kepuasan sebanyak 5 tingkatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola kemitraan yang terjalin
antara petani dengan CV. Sinar Agro Solusi yaitu pola kemitraan Kerjasama
Operasional Agribisnis (KOA). Petani menyediakan lahannya sendiri, tenaga
kerja, sarana produksi pupuk dan obat-obatan. Perusahaan menyediakan benih,
sak kemasan, sarana pengangkutan dan manajemen. Tingkat kepuasan petani yang
menjalin kemitraan dengan CV. Sinar Agro Solusi berdasar hasil penghitungan
Customer Satisfaction Indexs (CSI) berdasarkan sembilan indikator yang
digunakan adalah sebesar 82,78% dengan tingkat kepuasan yaitu sangat puas.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4352]