• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V pada Tema 6 Subtema 3 di SDN Karangrejo 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Repository.pdf (894.3Kb)
    Date
    2023-09-21
    Author
    SILALAHI, Riska Laurensia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar peserta didik tema 6 subtema 3 kelas V SDN Karangrejo 02 Jember. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen, subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VC. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumen, dan tes. Hasil uji t dihitung dengan menggunakan SPSS 23, memperoleh hasil rata-rata sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Hasil rata-rata setelah diberi perlakuan pada kelas VA sebagai kelas eskperimen adalah 61,44 dan setelah diberikan perlakuan menjadi sebesar 86,34. Sedangkan hasil pada kelas VC sebagai kelas kontrol yaitu 57,53, dan sesudah melaksanakan pembelajaran menjadi 70,13. Perhitungan dari uji t-test memperoleh hasil bahwa thitung 6,224 dan hasil ttabel yaitu 1,980 pada taraf signifikan 5% (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel. Perolehan nilai pada uji keefektifan relatif (ER) yaitu 65,6% yang tergolong pada kategori keefektifan sedang. Perolehan data yang diterima yaitu dengan melakukan uji hipotesis pada taraf signifikan 5% atau 0,05. Hasil perhitungannya yaitu thitung > ttabel, maka hipotesis (H0) hipotesis ditolak dan pada (Ha) hipotesisnya diterima yang memiliki arti bahwa ada pengaruh dari penggunaan model pembelajaran problem solving berbantuan media gambar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada tema 6 subtema 3 SDN Karangrejo 02 Jember.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125994
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository