Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V pada Tema 6 Subtema 3 di SDN Karangrejo 02 Jember
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui ada
tidaknya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran problem
solving terhadap hasil belajar peserta didik tema 6 subtema 3 kelas V
SDN Karangrejo 02 Jember. Penelitian ini adalah jenis penelitian
eksperimen, subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VA
dan VC. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara,
observasi, dokumen, dan tes. Hasil uji t dihitung dengan menggunakan
SPSS 23, memperoleh hasil rata-rata sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Hasil rata-rata setelah diberi perlakuan pada
kelas VA sebagai kelas eskperimen adalah 61,44 dan setelah diberikan
perlakuan menjadi sebesar 86,34. Sedangkan hasil pada kelas VC
sebagai kelas kontrol yaitu 57,53, dan sesudah melaksanakan
pembelajaran menjadi 70,13. Perhitungan dari uji t-test memperoleh
hasil bahwa thitung 6,224 dan hasil ttabel yaitu 1,980 pada taraf
signifikan 5% (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung >
ttabel. Perolehan nilai pada uji keefektifan relatif (ER) yaitu 65,6%
yang tergolong pada kategori keefektifan sedang. Perolehan data yang
diterima yaitu dengan melakukan uji hipotesis pada taraf signifikan 5%
atau 0,05. Hasil perhitungannya yaitu thitung > ttabel, maka hipotesis
(H0) hipotesis ditolak dan pada (Ha) hipotesisnya diterima yang
memiliki arti bahwa ada pengaruh dari penggunaan model
pembelajaran problem solving berbantuan media gambar terhadap hasil
belajar peserta didik kelas V pada tema 6 subtema 3 SDN Karangrejo
02 Jember.