Show simple item record

dc.contributor.authorSILALAHI, Riska Laurensia
dc.date.accessioned2025-04-17T08:07:48Z
dc.date.available2025-04-17T08:07:48Z
dc.date.issued2023-09-21
dc.identifier.nim190210204143en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125994
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 17 April 2025en_US
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar peserta didik tema 6 subtema 3 kelas V SDN Karangrejo 02 Jember. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen, subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VC. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumen, dan tes. Hasil uji t dihitung dengan menggunakan SPSS 23, memperoleh hasil rata-rata sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Hasil rata-rata setelah diberi perlakuan pada kelas VA sebagai kelas eskperimen adalah 61,44 dan setelah diberikan perlakuan menjadi sebesar 86,34. Sedangkan hasil pada kelas VC sebagai kelas kontrol yaitu 57,53, dan sesudah melaksanakan pembelajaran menjadi 70,13. Perhitungan dari uji t-test memperoleh hasil bahwa thitung 6,224 dan hasil ttabel yaitu 1,980 pada taraf signifikan 5% (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel. Perolehan nilai pada uji keefektifan relatif (ER) yaitu 65,6% yang tergolong pada kategori keefektifan sedang. Perolehan data yang diterima yaitu dengan melakukan uji hipotesis pada taraf signifikan 5% atau 0,05. Hasil perhitungannya yaitu thitung > ttabel, maka hipotesis (H0) hipotesis ditolak dan pada (Ha) hipotesisnya diterima yang memiliki arti bahwa ada pengaruh dari penggunaan model pembelajaran problem solving berbantuan media gambar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada tema 6 subtema 3 SDN Karangrejo 02 Jember.en_US
dc.description.sponsorshipFajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectPROBLEM SOLVINGen_US
dc.subjectMEDIA GAMBARen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V pada Tema 6 Subtema 3 di SDN Karangrejo 02 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Sien_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record