• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Berbantuan Media Padlet Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatiif dan Hasil Belajar Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    SOFIA ANGGITA_REPOSITORY.pdf (5.655Mb)
    Date
    2024-01-26
    Author
    ANGGITA, Sofia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran dengan metode konvensional terbukti masih kurang maksimal dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa sehingga membutuhkan model pembelajaran lain yang lebih efektif diterapkan di dalam kelas. Solusi yang dapat diberikan di dalam pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media padlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media padlet terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa SMA pada materi pembelajaran geografi. Model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media padlet dapat mendorong siswa untuk bereksplorasi dan menemukan pemahaman mereka dengan bantuan arahan guru. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain post test only control group design. Berdasarkan hasil penelitian data perolehan hasil nilai rata-rata post test kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, kemudian setelah dilakukan Independent Sample T-Test didapatkan nilai Sig 0,024. Selanjutnya perolehan nilai rata-rata post test hasil belajar kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan hasil perhitungan menggunakan Independent Sample T-Test menunjukan nilai Sig 0,014. Berdasarkn perolehan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media padlet terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan memperoleh nilai Independent Sample T-test (<0,05).
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125993
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository