Show simple item record

dc.contributor.authorANGGITA, Sofia
dc.date.accessioned2025-04-17T08:00:47Z
dc.date.available2025-04-17T08:00:47Z
dc.date.issued2024-01-26
dc.identifier.nim200210303057en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125993
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 17 April 2025en_US
dc.description.abstractPembelajaran dengan metode konvensional terbukti masih kurang maksimal dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa sehingga membutuhkan model pembelajaran lain yang lebih efektif diterapkan di dalam kelas. Solusi yang dapat diberikan di dalam pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media padlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media padlet terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa SMA pada materi pembelajaran geografi. Model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media padlet dapat mendorong siswa untuk bereksplorasi dan menemukan pemahaman mereka dengan bantuan arahan guru. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain post test only control group design. Berdasarkan hasil penelitian data perolehan hasil nilai rata-rata post test kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, kemudian setelah dilakukan Independent Sample T-Test didapatkan nilai Sig 0,024. Selanjutnya perolehan nilai rata-rata post test hasil belajar kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan hasil perhitungan menggunakan Independent Sample T-Test menunjukan nilai Sig 0,014. Berdasarkn perolehan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media padlet terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan memperoleh nilai Independent Sample T-test (<0,05).en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Sri Astutik, M.Si. Bejo Apriyanto, S.Pd.,M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPADLETen_US
dc.subjectBERPIKIR KREATIFen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectGEOGRAFIen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNINGen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Berbantuan Media Padlet Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatiif dan Hasil Belajar Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Bejo Apriyanto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record