Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sejarah Berbantuan Schoology Terhadap Efektivitas Historical Literacy Peserta Didik Menggunakan Model ASSURE
Abstract
Penelitian membahas tentang pengembangan e-modul pembelajaran sejarah terhadap efektivitas historical literacy peserta didik, berikut rumusan masalahnya: 1) bagaimana hasil validasi ahli mengenai pengembangan e-modul pembelajaran sejarah terhadap efektivitas historical literacy peserta didik pada mapel sejarah kelas XI SMA?; 2) Bagaimana efektivitas produk pengembangan e-modul pembelajaran sejarah terhadap historical literacy pada mapel sejarah kelas XI SMA?. Penelitian memanfaatkan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh melalui validasi kepada tiga ahli (ahli bidang studi, bahasa, dan desain), uji coba pengguna, serta uji coba kelompok kecil dan uji lapangan. Hasil presentase produk pada kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya dalam uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan menunjukkan peningkatan historical literacy antara sebelum dan sesudah uji coba produk yang diukur melalui Pre-test dan Post-test.