Pengaruh Cafe Atmosphere, Product Assortment dan Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Konsumen Generasi Milenial Fox Coffee Jember)
Abstract
Era globalisasi menjadikan berbagai perubahan secara global seluruh dunia
menjadikan keadaan saat ini menjadi jauh lebih modern. Moderniasi memberikan
banyak perubahan, tidak terkecuali gaya hidup masyarakat. Gaya hidup
modernisasi memunculkan salah satu kebiasaan baru di kalangan muda khususnya
yaitu nongkrong. Kemunculan café shop sedang booming beberapa tahun terakhir
karena semakin banyaknya kalangan yang memanfaatkan tempat tersebut sebagai
media untuk memenuhi kebiasaan nongkrong. Banyaknya Generasi Milenial yang
suka melakukan kegiatan nongkrong, menjadikan semakin ketatnya persaingan
bisnis pada café shop. Hal ini dikarenakan para pelaku bisnis saling berlomba untuk
merancang strategi pemasaran yang jitu guna menarik konsumennya untuk
menguasai dan memperluas pangsa pasar. Salah satu strategi pemasaran yang dapat
dilakukan para pelaku usaha adalah menciptakan kepuasan konsumen. Terdapat
juga faktor dapat mempengaruhi kepuasan konsumen pada café shop, salah satunya
adalah café atmosphere Selain café atmosphere dan product assortment, faktor
yang juga dapat mempengaruhi kepuasan konsumen pada sebuah café shop adalah
experiential marketing.
Jember merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki
banyak café shop. Hal ini menjadikan Jember menarik untuk diteliti karena
banyaknya café shop tersebut mendukung para generasi milenial untuk berkumpul
bersama atau nongkrong. Bisnis usaha café shop yang semakin marak juga terjadi
di wilayah Kota Jember sehingga usaha café shop memiliki peluang yang besar
karena maraknya gaya hidup nongkrong di berbagai kalangan di Kota Jember.
Salah satu café shop yang ada di Kota Jember adalah Café Fox Coffee. Kafe ini
berkonsep vintage namun didesain secara modern. Upaya dilakukan pemilik fox
coffee Jember seperti menciptakan café atmosphere yang menarik dimana café
didesain secara nyaman dengan interior dan eksterior yang unik. Strategi product
assortment dengan menyediakan aneka meal dan snack, serta aneka varian
minuman juga ditawarkan. Serta strategi experiential marketing yang dilakukan
dengan menciptakan experience nongkrong yang menyenangkan melalui panca
indera seperti menciptakan sense experience yang menyenangkan, menciptakan feel
experience yang positif dengan memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan
ramah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh store
atmosphere, product assortment, experiential marketing secara parsial terhadap
kepuasan konsumen Fox Coffee Jember dan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh store atmosphere, product assortment dan experiential marketing secara
simultan terhadap kepuasan konsumen Fox Coffee Jember. Populasi dalam
penelitian ini tidak diketahui, sehingga populasi dalam penelitian ini seluruh
konsumen Generasi Milenial Fox Coffee Jember. Sampel yang digunakan sebanyak
190 responden. Teknik pengambilan sampel non probability sampling pendekatan
purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda. Hasil menunjukkan bahwa Café atmosphere (X1) secara parsial
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Fox Coffee Jember, Product assortment
(X2) secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Fox Coffee Jember,
Experiential marketing (X3) secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen Fox Coffee Jember.