• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Blended Learning Menggunakan Google Classroom Terhadap Self Regulated Learning dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah

    Thumbnail
    View/Open
    skripsi repository.pdf (2.369Mb)
    Date
    2024-12-11
    Author
    PAJARWATI, Unik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini memverifikasi penggunaan model Blended Learning menggunakan Google Classroom terhadap self regulated learning dan hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran sejarah SMAN 1 Muncar. Tujuan penelitian ini untuk (1) memverivikasi pengaruh Blended Learning terhadap Self Regulated Learning dan (2) memverivikasi pengaruh Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI dari XI1 hingga XI7 dengan total 244 peserta didik. Menurut hasil tes homogenitas, sampel empat kelas diperoleh yang memiliki nilasi rata-rata yang hampir sama, sehingga kelas XI 1 dan XI 2 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI 3 dan XI 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental dan dianalisis menggunakan uji ANCOVA. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model Blended Learning ini secara signifikan meningkatkan self regulated learning peserta didik (sig 0,000 dan 0,001). Nilai rata-rata dari hasil angket self regulated learning peserta didik untuk kelas kontrol, yang diterapkan model Cooperative Learning adalah 77,871. Sedangkan nilai rata-rata dari hasil angket di kelas eksperimen menggunakan model Blended Learning memiliki rata-rata sebesar 87,949. Adapun besaran pengaruh model pembelajaran terhadap self regulated learning peserta didik menunjukkan nilai sebesar 0,084 artinya pengaruh pembelajaran terhadap self regulated learning termasuk dalam kategori sedang. Selain meningkatkan self regulated learning hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan model Blended Learning ini secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik (sig 0,000 dan 0,001) nilai rata-rata kelas kontrol yang diterapkan model Cooperative Learning adalah 80,315. Sedangkan kelas eksperimen menggunakan model Blended Learning memiliki rata-rata 87,949 untuk hasil pembelajaran. Adapun besaran pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai sebesar 0,078 artinya pengaruh pembelajaran terhadap hasil belajar termasuk dalam kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa model Blended Learning menggunakan Google Classroom lebih berpengaruh secara signifikan terhadap Self Regulated Learning dan Hasil Belajar peserta didik mata pelajaran sejarah kelas XI SMAN 1 Muncar.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125704
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15475]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository