Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Paket Aplikasi Video On Demand (Vod) Netflix Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening
Abstract
Perubahan pola gaya hidup yang pernah terjadi pada masyarakat Indonesia dikarenakan adanya sebuah pandemi covid-19 yang disebabkan oleh sebuah virus
corona, dimana adanya pandemi tersebut memaksa pemerintah membuat sebuah
kebijakan untuk membatasi pergerakan masyarakat yang bertujuan untuk mencegah
penyebaran virus corona, sehingga terjadilah perubahan gaya hidup masyarakat,
dimana hampir segala aktivitas wajib dilakukan di rumah, akan tetapi oleh sebab
tersebut mengakibatkan munculnya rasa bosan masyarakat dikarenakan minimnya
aktifitas yang dapat dilakukan, sehingga memaksa masyarakat mencari sarana hiburan yang dapat dilakukan di rumah, salah satu media sarana tersebut adalah melalui internet, sehingga tingkat penggunaan internet mengalami peningkatan, dimana dari banyaknya fasilitas yang ditawarkan oleh internet, layanan streaming video memiliki penggunaan yang tinggi di masyarakat, dengan Netflix sebagai merek aplikasi dengan pengguna terbesar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterikatan pengaruh variabel gaya hidup, kualitas layanan, harga, citra merek dan keputusan pembelian. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksplanasi, populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Jember dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive sebesar 121 responden, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data yang didapatkan dalam penelitian ini menggunakan alat bantu SPSS 25, dengan hasil akhir penelitian adalah terdapat pengaruh signifikan antara variabel gaya hidup, kualitas layanan, dan harga terhadap citra merek. Terdapat pengaruh signifikan antara variabel gaya hidup, kualitas layanan, harga, citra merek terhadap keputusan pembelian. Terdapat pengaruh signifikan antara variabel gaya
hidup, kualitas layanan, dan harga terhadap keputusan pembelian melalui citra merek
sebagai variabel intervening