Analisis Market Basket dengan Algoritma FP-Growth dan Simple Additive Weighting untuk Menentukan Prioritas Cross Selling di Avan Swalayan
Abstract
Pemanfaatan data transaksi tersebut dapat dilakukan melalui Market Basket Analysis (MBA) sebagai salah satu teknik datamining yang ditujukan untuk analisis kebiasaan konsumen mengenai produk yang akan dibeli dan sering dibeli secara bersamaan melalui pencarian hubungan di antara berbagai produk yang ditempatkan konsumen dalam keranjang belanja. MBA dapat diimplementasikan melalui association rule, dimana pembentukan association rule didasarkan pada jumlah dari kemunculan item transaksi hingga memperoleh berbagai produk yang sering dibeli konsumen secara bersamaan, salah satunya Frequent-Pattern Growth (FP-Growth). Dengan menggunaan penelitian terapan (applied research), yang bertujuan untuk menerapkan, menguji dan mengevaluasi kemampuan dari suatu teori yang diterapkan dalam rangka pemecahan masalah praktis dalam suatu fenomena. Objek penelitian ini adalah data transkasi di Avan Swalayan, Kota Malang pada bulan Juni 2023. Pemilihan objek ini didasarkan pada tujuan penelitian, yaitu untuk menganalisis penerapan FP-Growth dan Simple Additive Weighting dalam penentuan cross selling.