Analisis Kualitas Layanan E-Government Menggunakan Metode E-GovQual dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada Aplikasi Sedudo Kabupaten Nganjuk
Abstract
Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk mendukung serta memenuhi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring dengan mengembangkan e-Government berupa aplikasi bernama SEDUDO (Sistem Elektronik Terpadu Desa Online). Aplikasi Sedudo merupakan aplikasi berbasis mobile yang digunakan masyarakat Nganjuk untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan secara online, mulai dari pembuatan E-KTP, pengurusan permohonan KK baru, pindah KK, AKTA kelahiran, surat keterangan dari desa/kelurahan, dan dokumen kependudukan lainnya. Pada penelitian ini menggunakan metode e-GovQual yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas layanan aplikasi Sedudo diterima oleh pengguna dan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk menganalisis layanan apa saja yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan dan yang perlu dipertahankan oleh pihak penyedia layanan aplikasi Sedudo Kabupaten Nganjuk. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner berdasarkan 4 (empat) variabel e-Govqual dengan 21 atribut. Hasil dari penelitian menunjukkan total dari nilai kinerja pada seluruh variabel e-GovQual memiliki skor 3 “Baik” sebesar 3,15 yang dapat diartikan bahwa kinerja layanan aplikasi Sedudo sudah memiliki kinerja yang baik menurut persepsi pengguna. Namun berdasarkan total kepentingan sebesar 3,32 menimbulkan kesenjangan sebesar -0,18 yang dapat diartikan bahwa kinerja layanan pada aplikasi Sedudo masih belum memenuhi kepentingan pengguna karena total kesenjangan bernilai negatif. Terdapat 1 (satu) atribut yang perlu menjadi prioritas khusus untuk dilakukan perbaikan pada layanan aplikasi Sedudo, yaitu situs e-Government berjalan dengan baik pada browser default pengguna (R6) yang mana pengguna merasa aplikasi Sedudo belum berjalan dengan baik di handphone pengguna (loading lama).