• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Hasil Belajar dengan Pola Asuh Lulusan Program Keaksaraan Fungsional di ‘Kampoeng Batara’ Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Farida Andjani Azzahra_180210201040 (1.314Mb)
    Date
    2024-05-15
    Author
    AZZAHRA, Farida Andjani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil belajar dalam program keaksaraan fungsional bertujuan memberikan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung yang relevan dengan kebutuhan sehari-hari, dengan tujuan memberdayakan individu agar berfungsi secara efektif dalam masyarakat. Sebelum 'Kampoeng Batara' didirikan, pola asuh masyarakat cenderung kurang mendukung pendidikan optimal anak, terutama bagi mereka yang memiliki orang tua yang buta aksara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar dengan pola asuh lulusan program keaksaraan fungsional di 'Kampoeng Batara'. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa lulusan program ini cenderung menggunakan pengetahuan mereka untuk kebutuhan praktis, termasuk dalam mendukung pendidikan anak dan menciptakan kesejahteraan emosional keluarga. Dampak positifnya termasuk dorongan yang konsisten antara orang tua dan anak, yang membangun pondasi awal pada perkembangan kognitif, emosional, dan sosial anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah hubungan hasil belajar dengan pola asuh lulusan program keaksaraan fungsional. Kemudian manfaat dari penelitian ini yaitu berupa manfaat teoritis yang dijadikan sebagai acuan perbandingan dan bahan diskusi bagi peneliti dan pembaca lainnya dan manfaat praktis bagi peneliti, perguruan tinggi, prodi Pendidikan Luar Sekolah, masyarakat di lingkungan Papring khususnya ‘Kampoeng Batara’ dan penyelenggara Pendidikan Non-Formal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan teknik purposive area sehingga terpilih ‘Kampoeng Batara’ yang berlokasi di Lingkungan Papring, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Adapun penentuan responden menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan sebelum penyebaran kuesioner untuk memastikan keabsahan item kuesioner. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman untuk mengetahui korelasi variabel penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan antara hasil belajar dengan pola asuh lulusan program keaksaraan fungsional yang menunjukkan hasil perhitungan 0,683 dengan N=28. Hasil tersebut termasuk memiliki hubungan yang kuat berdasarkan hasil interpretasi nilai r. Adapun indikator yang dijadikan tolak ukur dalam penelitian ini yaitu ranah kognitif dan ranah afektif dalam hasil belajar yang timbul dalam pola asuh lulusan program keaksaraan fungsional. Pada indikator ranah kognitif, uji korelasi menunjukkan hasil 0, 573 dengan N=28 yang masuk dalam kategori sedang sesuai dengan hasil interpretasi tabel r. Kemudian pada indikator ranah afektif, uji korelasi menunjukkan hasil 0,544 dengan N=28 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan analisis data kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara hasil belajar dengan pola asuh lulusan program keaksaraan fungsional di ‘Kampoeng Batara’ Banyuwangi. Adapun saran terhadap pihak penyelenggara program keaksaraan fungsional yaitu memiliki program berkelanjutan yang lebih fokus terhadap literasi tentang pola asuh bagi lingkungan Papring dan sekitarnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125618
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15475]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository