Show simple item record

dc.contributor.authorAZZAHRA, Farida Andjani
dc.date.accessioned2025-03-05T03:22:29Z
dc.date.available2025-03-05T03:22:29Z
dc.date.issued2024-05-15
dc.identifier.nim180210201040en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125618
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 5 Maret 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractHasil belajar dalam program keaksaraan fungsional bertujuan memberikan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung yang relevan dengan kebutuhan sehari-hari, dengan tujuan memberdayakan individu agar berfungsi secara efektif dalam masyarakat. Sebelum 'Kampoeng Batara' didirikan, pola asuh masyarakat cenderung kurang mendukung pendidikan optimal anak, terutama bagi mereka yang memiliki orang tua yang buta aksara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar dengan pola asuh lulusan program keaksaraan fungsional di 'Kampoeng Batara'. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa lulusan program ini cenderung menggunakan pengetahuan mereka untuk kebutuhan praktis, termasuk dalam mendukung pendidikan anak dan menciptakan kesejahteraan emosional keluarga. Dampak positifnya termasuk dorongan yang konsisten antara orang tua dan anak, yang membangun pondasi awal pada perkembangan kognitif, emosional, dan sosial anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah hubungan hasil belajar dengan pola asuh lulusan program keaksaraan fungsional. Kemudian manfaat dari penelitian ini yaitu berupa manfaat teoritis yang dijadikan sebagai acuan perbandingan dan bahan diskusi bagi peneliti dan pembaca lainnya dan manfaat praktis bagi peneliti, perguruan tinggi, prodi Pendidikan Luar Sekolah, masyarakat di lingkungan Papring khususnya ‘Kampoeng Batara’ dan penyelenggara Pendidikan Non-Formal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan teknik purposive area sehingga terpilih ‘Kampoeng Batara’ yang berlokasi di Lingkungan Papring, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Adapun penentuan responden menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan sebelum penyebaran kuesioner untuk memastikan keabsahan item kuesioner. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman untuk mengetahui korelasi variabel penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan antara hasil belajar dengan pola asuh lulusan program keaksaraan fungsional yang menunjukkan hasil perhitungan 0,683 dengan N=28. Hasil tersebut termasuk memiliki hubungan yang kuat berdasarkan hasil interpretasi nilai r. Adapun indikator yang dijadikan tolak ukur dalam penelitian ini yaitu ranah kognitif dan ranah afektif dalam hasil belajar yang timbul dalam pola asuh lulusan program keaksaraan fungsional. Pada indikator ranah kognitif, uji korelasi menunjukkan hasil 0, 573 dengan N=28 yang masuk dalam kategori sedang sesuai dengan hasil interpretasi tabel r. Kemudian pada indikator ranah afektif, uji korelasi menunjukkan hasil 0,544 dengan N=28 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan analisis data kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara hasil belajar dengan pola asuh lulusan program keaksaraan fungsional di ‘Kampoeng Batara’ Banyuwangi. Adapun saran terhadap pihak penyelenggara program keaksaraan fungsional yaitu memiliki program berkelanjutan yang lebih fokus terhadap literasi tentang pola asuh bagi lingkungan Papring dan sekitarnya.en_US
dc.description.sponsorship1) DPU: Prof. Dr. A.T. Hendrawijaya, S.H., M.Kes 2) DPA: Nani Sintiawati, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Keguruan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectPola Asuhen_US
dc.subjectProgram Keaksaraan Fungsionalen_US
dc.titleHubungan Hasil Belajar dengan Pola Asuh Lulusan Program Keaksaraan Fungsional di ‘Kampoeng Batara’ Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Luar Sekolahen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. A.T. Hendrawijaya, S.H, M.Kesen_US
dc.identifier.pembimbing2Nani Sintiawati, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Maret 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record