• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Paket Tes Geometri Pokok Bahasan Bangun Datar untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Tesis Repository - Handariyatul Masruroh.pdf (1.634Mb)
    Date
    2023-07-31
    Author
    MASRUROH, Handariyatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paket tes geometri pokok bahasan bangun datar untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif, serta untuk mendeskripsikan profil kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan paket tes geometri pokok bahasan bangun datar. Penelitian ini mengkombinasikan penelitian pengembangan dan penelitian kualitatif. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah formative evalution yang terdiri dari enam tahap, yaitu: preliminary, self-evalution, expert review, one-to-one, small group dan field test. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi, tes geometri, angket respon siswa, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket tes geometri yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan uji kevalidan diperoleh hasil paket tes geometri yang dikembangkan valid yaitu valid secara logis oleh validator dan valid secara empiris melalui analisis butir soal. Berdasarkan uji kepraktisan diperoleh paket tes geometri yang dikembangkan praktis karena telah memenuhi beberapa kriteria yaitu tingkat reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan kepraktisan berdasarkan angket respon siswa. Berdasarkan uji keefektifan melalui hasil tes dan wawancara diperoleh paket tes geometri yang dikembangkan efektif karena tujuan paket tes geometri tercapai yaitu untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, ditunjukkan bahwa siswa berkemampuan penalaran matematis tinggi secara umum mampu memenuhi enam aspek penalaran matematis yaitu analisis, menyatukan/sintesis, generalisasi, membenarkan, menarik kesimpulan, dan mengevaluasi. Siswa berkemampuan penalaran matematis sedang secara umum mampu memenuhi empat aspek penalaran yaitu analisis, menyatukan/sintesis, generalisasi, dan membenarkan. Siswa berkemampuan penalaran matematis rendah secara umum tidak mampu memenuhi aspek penalaran atau hanya mampu memenuhi satu aspek penalaran yaitu analisis.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125508
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository