Show simple item record

dc.contributor.authorMASRUROH, Handariyatul
dc.date.accessioned2025-02-24T23:20:05Z
dc.date.available2025-02-24T23:20:05Z
dc.date.issued2023-07-31
dc.date.submitted
dc.identifier.nim200220101023en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125508
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 25 Pebruari 2025en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paket tes geometri pokok bahasan bangun datar untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif, serta untuk mendeskripsikan profil kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan paket tes geometri pokok bahasan bangun datar. Penelitian ini mengkombinasikan penelitian pengembangan dan penelitian kualitatif. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah formative evalution yang terdiri dari enam tahap, yaitu: preliminary, self-evalution, expert review, one-to-one, small group dan field test. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi, tes geometri, angket respon siswa, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket tes geometri yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan uji kevalidan diperoleh hasil paket tes geometri yang dikembangkan valid yaitu valid secara logis oleh validator dan valid secara empiris melalui analisis butir soal. Berdasarkan uji kepraktisan diperoleh paket tes geometri yang dikembangkan praktis karena telah memenuhi beberapa kriteria yaitu tingkat reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan kepraktisan berdasarkan angket respon siswa. Berdasarkan uji keefektifan melalui hasil tes dan wawancara diperoleh paket tes geometri yang dikembangkan efektif karena tujuan paket tes geometri tercapai yaitu untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, ditunjukkan bahwa siswa berkemampuan penalaran matematis tinggi secara umum mampu memenuhi enam aspek penalaran matematis yaitu analisis, menyatukan/sintesis, generalisasi, membenarkan, menarik kesimpulan, dan mengevaluasi. Siswa berkemampuan penalaran matematis sedang secara umum mampu memenuhi empat aspek penalaran yaitu analisis, menyatukan/sintesis, generalisasi, dan membenarkan. Siswa berkemampuan penalaran matematis rendah secara umum tidak mampu memenuhi aspek penalaran atau hanya mampu memenuhi satu aspek penalaran yaitu analisis.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Susanto, M.Pd. Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectFORMATIVE EVALUATIONen_US
dc.subjectPAKET TES GEOMETRIen_US
dc.subjectPENALARAN MATEMATISen_US
dc.titlePengembangan Paket Tes Geometri Pokok Bahasan Bangun Datar untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMPen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Susanto, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Februari 2025en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record