• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh E-WOM dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms Glow

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI CYNDY 180210301110 REPOSITORY.pdf (2.415Mb)
    Date
    2023-06-14
    Author
    JANNAH, Cyndy Syavaatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan bisnis dalam era digital saat ini telah mengalami perkembangan pesat maupun mengalami metamorposis yang berkesinambungan serta dinamis. Era digital ditandai dengan kemudahan dan kemajuan untuk menjangkau media informasi dan teknologi yang berkembang semakin pesat dari tahun ke tahun. Kondisi ini mendorong para pelaku usaha untuk terus mengevaluasi terhadap kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan tujuan agar dapat bertahan dan menghadapi persaingan bisnis. Kegiatan pemasaran saat ini menjadikan konsumen mampu mengkombinasikan pengetahuan dari media. Keadaan ini menuntut para pelaku bisnis atau usaha untuk terus dapat memahami setiap perubahan perilaku konsumen akibat dari perkembangan bisnis. Peluang dan tantangan bisnis menjadi sangat komplek, sehingga pelaku usaha harus peka dalam melakukan kegiatan pemasaran agar produk yang ditawarkan terus bisa digunakan oleh konsumen. Platform digital yang melesat pada saat ini salah satunya adalah aplikasi Tiktok. Tiktok merupakan aplikasi yang sangat efektif untuk pelaku usaha dalam meningkatkan Brand Awareness, bersaing dengan competitor, dan mendapatkan konsumen dengan cepat. Salah satu merek produk skincare yang mampu menjaga keeksistensiannya dalam menghadapi era digital yaitu Ms Glow. MS Glow menjadi salah satu produk yang terbanyak diingat pelanggan. Berdasarkan data IBBA (2020) berdasar segi brand awareness, Ms Glow sudah menjadi Top Of Mind ataupun merek yang sering diingat pelanggan. Ms Glow, klasifikasi Best Brand dan merek yang dinilai paling baik oleh pelanggan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh E-WOM dan Brand Awareness pada keputusan pembelian produk skincare Ms Glow secara parsial, untuk mengetahui pengaruh E-WOM dan Brand Awareness pada keputusan pembelian produk skincare Ms Glow secara simultan, dan untuk engetahui variabel yang berpengaruh lebih besar pada keputusan pembelian produk skincare Ms Glow Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori (explanatory research) untuk mengetahi hubungan antar variabel. Selain itu metode penelitian ini termasuk penilaian kuantitatif. Pengumpulan data secara penyebaran kuesioner, studi pustaka, observasi, wawancara. Penelitian memakai analisis regresi linier berganda untuk teknik analisa data menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan E-WOM (X1) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < a = 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga hipotesis pertama yaitu E-WOM berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk MS Glow di TikTok terbukti atau diterima. Brand Awareness (X2) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < a = 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga hipotesis kedua yaitu brand awareness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk MS Glow di TikTok terbukti atau diterima. Brand awareness memiliki pengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan nilai zero-order dapat diketahui bahwa brand awareness berkontribusi sebesar 45,9% terhadap keputusan pembelian. Sehingga hasil uji hipotesis ketiga yaitu brand awareness memiliki pengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian produk MS Glow di TikTok terbukti atau diterima. Hasil model regresi pada nilai ini memiliki nilai adjusted R2 sebesar 0,667 atau sama dengan 66,7% Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa E-WOM dan brand awareness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk MS Glow di TikTok sebesar 66,7% selebihnya 33,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti brand ambassador dan celebrity endorser.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125482
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository