Show simple item record

dc.contributor.authorJANNAH, Cyndy Syavaatul
dc.date.accessioned2025-02-24T00:51:07Z
dc.date.available2025-02-24T00:51:07Z
dc.date.issued2023-06-14
dc.identifier.nim180210301110en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125482
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 24 Pebruari 2025en_US
dc.description.abstractPerkembangan bisnis dalam era digital saat ini telah mengalami perkembangan pesat maupun mengalami metamorposis yang berkesinambungan serta dinamis. Era digital ditandai dengan kemudahan dan kemajuan untuk menjangkau media informasi dan teknologi yang berkembang semakin pesat dari tahun ke tahun. Kondisi ini mendorong para pelaku usaha untuk terus mengevaluasi terhadap kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan tujuan agar dapat bertahan dan menghadapi persaingan bisnis. Kegiatan pemasaran saat ini menjadikan konsumen mampu mengkombinasikan pengetahuan dari media. Keadaan ini menuntut para pelaku bisnis atau usaha untuk terus dapat memahami setiap perubahan perilaku konsumen akibat dari perkembangan bisnis. Peluang dan tantangan bisnis menjadi sangat komplek, sehingga pelaku usaha harus peka dalam melakukan kegiatan pemasaran agar produk yang ditawarkan terus bisa digunakan oleh konsumen. Platform digital yang melesat pada saat ini salah satunya adalah aplikasi Tiktok. Tiktok merupakan aplikasi yang sangat efektif untuk pelaku usaha dalam meningkatkan Brand Awareness, bersaing dengan competitor, dan mendapatkan konsumen dengan cepat. Salah satu merek produk skincare yang mampu menjaga keeksistensiannya dalam menghadapi era digital yaitu Ms Glow. MS Glow menjadi salah satu produk yang terbanyak diingat pelanggan. Berdasarkan data IBBA (2020) berdasar segi brand awareness, Ms Glow sudah menjadi Top Of Mind ataupun merek yang sering diingat pelanggan. Ms Glow, klasifikasi Best Brand dan merek yang dinilai paling baik oleh pelanggan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh E-WOM dan Brand Awareness pada keputusan pembelian produk skincare Ms Glow secara parsial, untuk mengetahui pengaruh E-WOM dan Brand Awareness pada keputusan pembelian produk skincare Ms Glow secara simultan, dan untuk engetahui variabel yang berpengaruh lebih besar pada keputusan pembelian produk skincare Ms Glow Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori (explanatory research) untuk mengetahi hubungan antar variabel. Selain itu metode penelitian ini termasuk penilaian kuantitatif. Pengumpulan data secara penyebaran kuesioner, studi pustaka, observasi, wawancara. Penelitian memakai analisis regresi linier berganda untuk teknik analisa data menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan E-WOM (X1) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < a = 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga hipotesis pertama yaitu E-WOM berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk MS Glow di TikTok terbukti atau diterima. Brand Awareness (X2) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < a = 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga hipotesis kedua yaitu brand awareness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk MS Glow di TikTok terbukti atau diterima. Brand awareness memiliki pengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan nilai zero-order dapat diketahui bahwa brand awareness berkontribusi sebesar 45,9% terhadap keputusan pembelian. Sehingga hasil uji hipotesis ketiga yaitu brand awareness memiliki pengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian produk MS Glow di TikTok terbukti atau diterima. Hasil model regresi pada nilai ini memiliki nilai adjusted R2 sebesar 0,667 atau sama dengan 66,7% Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa E-WOM dan brand awareness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk MS Glow di TikTok sebesar 66,7% selebihnya 33,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti brand ambassador dan celebrity endorser.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBRAND AWARENESSen_US
dc.subjectELECTRONIC WORD OF MOUTHen_US
dc.subjectPERILAKU KONSUMENen_US
dc.subjectPEMASARANen_US
dc.titlePengaruh E-WOM dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms Glowen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Retna Ngesti Sedyati, M.Pen_US
dc.identifier.pembimbing2Lisana Oktavisanti Mardiyana, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Februari_2025_20en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record