Klasifikasi Tingkat Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus SDN 4 Sumberkolak)
Abstract
Matematika memainkan peran krusial dalam berbagai aspek
kehidupan dan menjadi fondasi bagi perkembangan berbagai bidang seperti
ekonomi, teknologi, dan industri. Kemampuan memahami sangat penting
dalam menguasai materi matematika yang kompleks, yang sering kali
melibatkan berbagai persamaan. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir dan
memiliki dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk
dalam bidang pendidikan. Salah satu cabang dari kecerdasan buatan ialah
Machine Learning. Dengan memanfaatkan machine learning dapat
memecahkan banyak masalah praktis.
Salah satu algoritma dari machine learning yang dapat membantu
dalam proses klasifikasi adalah Algoritma C4.5 yang mana dapat
menghasilkan pohon keputusan yang dapat dipahami. Dengan data yang
sudah dikumpulkan dengan penyebaran kuisioner, model melakukan
klasifikasi dengan bantuan feature importance dan hyperparameter.
Kombinasi feature importance dan hyperparameter memberikan kontribusi
yang optimal sehingga mendapat tingkat akurasi yang tinggi.